Misteri Kota gaib saranjana

Kota Saranjana
Kota Saranjana
0 Komentar

sumedangekspres – Misteri Kota Saranjana kembali menjadi perbincangan di media sosial usai “menampakkan” diri di sebuah foto yang diambil wisatawan.

Wisatawan asal Makassar, Sulawesi Selatan ini mengambil foto dengan latar panorama Gunung Mamake, Kotabaru, Kalimantan Selatan.

“Kami seperti yang lain berwisata dan berfoto-foto, namun ada yang membuat kami terperangah dari hasil jepretan suami (diduga foto penampakan Kota Saranjana), ” ujar Devi Ayu Puspita di Kotabaru.

Baca Juga:Sejarah Agresi Militer Sumedang di Masa Kemerdekaan IndonesiaSejarah Sumedang di Masa Kemerdekaan Indonesia

Cerita Kota Saranjana bukan kali pertama ini terdengar. Sebelumnya, beberapa orang sempat mengalami pengalaman mistis serupa yang dikaitkan dengan keberadaan kota ini.
Dalam videonya, pengunggah membagikan cerita seorang kurir yang mendapatkan emas 4 kilogram di Saranjana.

Video ini pun telah ditonton lebih dari 2 juta kali dan disukai oleh lebih dari 67.000 pengguna.

Lokasi kota saranjana
Saat dikonfirmasi, Dosen Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Lambung Mangkurat, Mansyur, S.Pd., M.Hum, menjelaskan, terdapat berbagai versi terkait lokasi kota Saranjana terletak di mana.

Pertama, konon letak Saranjana berada di Kotabaru, Kalimantan Selatan. Versi kedua, kota ini berada di Teluk Tamiang, Pulau Laut.

Sementara versi ketiga, lebih tegas menyebutkan bahwa lokasi wilayah Saranjana ada di sebuah bukit kecil yang terletak di Desa Oka-Oka, Kecamatan Pulau Laut Kelautan, Kalimantan Selatan.

“Bukit yang berbatasan langsung dengan laut ini indah dan cocok dijadikan destinasi wisata. Namun, tempat ini dianggap angker oleh penduduk sekitar,” ujar Mansyur
Mansyur selaku Ketua Lembaga Kajian Sejarah, Sosial, dan Budaya Kalimantan ini mengatakan, keberadaan Saranjana dalam perspektif sejarah adalah fakta.

Hal ini ditampakkan oleh Salomon Muller, seorang naturalis berkebangsaan Jerman dalam peta bertajuk “Kaart van de Kust-en Binnenlanden van Banjermasing behoorende tot de Reize in het zuidelijke gedelte van Borneo” atau peta wilayah pesisir dan pedalaman Borneo.

Baca Juga:pasangan sayur dan lauk yang cocok Untuk di KonsumsiCara Menjalani Kehidupan Agar Lebih Baik

Misteri Kota Saranjana Peta pada 1845 silam ini mengambarkan, ada wilayah yang tertulis sebagai Tandjong (hoek) Serandjana.

Tandjong ini terletak di sebelah selatan Pulau Laut, tepatnya berbatasan dengan wilayah Poeloe Kroempoetan dan Poeloe Kidjang.

0 Komentar