Bagaimana Memulai Perjalanan Self Discovery ?

Perjalanan Self Discovery.
Perjalanan Self Discovery. Sumber : Pexels
0 Komentar

sumedangekspresSelf Discovery adalah proses untuk mencari, menentukan, dan membentuk diri kita yang sebenarnya. Self Discovery juga merupakan upaya untuk melepaskan labelling yang telah lama melekat dalam diri kita, dan kita salah sangkai sebagai bagian dari diri kita.

Self Discovery membawa kita pada keseimbangan introspeksi dan pengalaman baru. Jati diri seseorang pada dasarnya terletak di bawah permukaan, dan itu adalah tugas kita untuk menemukan, mengenali, atau memahami apa yang sudah ada. Setelah kita memilikinya, kita dapat membuat pilihan hidup dan menentukan identitas kita yang lebih konsisten.

Menurut psikologi, self discovery merupakan kekuatan batin sentral yang sama untuk semua manusia, namun unik untuk masing-masing individu. Self Discovery merupakan sumber pertumbuhan yang dalam, menyangkut perkembangan yang bebas dan sehat sesuai dengan potensi sifat genetik dan kepribadian seseorang.

Baca Juga:Top Up Higgs Domino Pulsa Telkomsel 3000 Dapat 200mApa Artinya Mencintai Diri Sendiri?

Proses pencarian jati diri kita, pada akhirnya akan membantu kita dalam mengidentifikasikan tiga hal (Waterman, 2011) :

1. Potensi pribadi.

2. Tujuan hidup kita.

3. Peluang untuk bertindak berdasarkan potensi dan tujuan hidup tersebut.

Semakin banyak waktu yang kita habiskan di hadapan keluarga, teman, kekasih, dan komunitas yang mendukung, semakin cepat pula kita menemukan sifat sejati kita. Ini karena suasana yang hangat dan menggembirakan, dapat memfasilitasi perasaan keamanan batin, sambil memberikan kebebasan untuk memiliki perasaan dan pikiran kita sendiri (Horney, 1950).

Perhatikan baik-baik hal-hal yang secara alami Anda sukai, atau lakukan, terutama hal-hal yang ekspresif secara pribadi. Dengan memperhatikan alam bawah sadar Anda terkait aktivitas ini, Anda dapat mengizinkannya untuk membimbing Anda menuju diri Anda yang berasal dari susunan genetik, pengasuhan, dan pengalaman pribadi Anda (Pagedar, 2021). ***

0 Komentar