Kenali Efek Toxic Dari Mengkritik Diri Sendiri

Kenali Efek Toxic Dari Mengkritik Diri Sendiri.
Kenali Efek Toxic Dari Mengkritik Diri Sendiri. Sumber : Pexels
0 Komentar

sumedangekspres – Setiap manusia memiliki kritik batin. Terkadang, suara hati ini dapat memotivasi kita dalam mencapai tujuan.

Misalnya, suara hati ini mengingatkan kita bahwa apa yang akan kita makan tidak sehat, atau apa yang akan kita lakukan mungkin tidak bijaksana. Namun, suara hati semacam itu seringkali lebih berbahaya ketimbang membantu, terutama ketika masuk ke alam negatif kita yang berlebihan. Hal ini dikenal sebagai self-talk negatif, dan itu benar-benar dapat menjatuhkan mentalitas kita.

Self-talk negatif disebut juga sebagai upaya untuk mengkritik diri sendiri. Mengkritik diri sendiri adalah sesuatu yang sebagian besar dari kita alami dari waktu ke waktu.

Baca Juga:Akun FF Sultan Gratis Hari Ini 2023, Siapa Cepat Dia Dapat!Redemption Code Genshin Impact Terbaru 3.3 (Kode Redeem)

Perasaan itu muncul dalam berbagai bentuk. Dan itu menciptakan tekanan batin yang signifikan, tidak hanya bagi kita, tetapi juga bagi orang-orang di sekitar kita. Inilah yang perlu Anda ketahui tentang self-talk negatif dan pengaruhnya terhadap tubuh, pikiran, kehidupan, dan orang-orang di sekitar Anda :

1. Membuat Pemikiran Anda Terbatas 

Semakin Anda mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda tidak dapat melakukan sesuatu, semakin Anda mempercayainya.

2. Membuat Anda Menjadi Perfeksionis 

Anda akan benar-benar meyakini bahwa menjadi “hebat” tidak sebaik menjadi “sempurna”. Dan Anda akan percaya bahwa kesempurnaan yang sebenarnya dapat dicapai.

Sebaliknya, orang yang berprestasi tinggi cenderung melakukan lebih baik daripada rekan perfeksionis mereka. Karena mereka umumnya tidak merasa stres, dan senang menekuni pekerjaan yang diselesaikan dengan baik. Mereka tidak memilahnya, dan mencoba membidik apa yang bisa mereka lakukan dengan lebih baik.

3. Menciptakan Perasaan Depresi 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa self-talk negatif dapat memperburuk perasaan depresi. Jika dibiarkan, ini bisa sangat merusak kesehatan mental Anda.

4. Memberikan Rintangan Terhadap Hubungan Anda

Apakah kritik diri yang terus-menerus membuat Anda merasa tidak aman? Atau Anda mengubah self-talk yang negatif menjadi kebiasaan negatif yang lebih umum dan mengganggu orang lain? Kurangnya komunikasi dan meningkatnya jumlah kritik dapat berdampak buruk pada kejiwaan Anda.

Salah satu kelemahan self-talk negatif yang paling jelas terasa adalah menjadi tidak positif. Hal ini terdengar klise, namun penelitian telah menunjukkan bahwa self-talk yang positif adalah prediktor utama kesuksesan.

0 Komentar