Sekilas Tentang Pelatihan Penemuan Diri atau Self Discovery

Sekilas Tentang Pelatihan Penemuan Diri.
Sekilas Tentang Pelatihan Penemuan Diri. Sumber : Pexels
0 Komentar

sumedangekspres – Jika Anda ingin mendapatkan wawasan baru tentang diri Anda yang sebenarnya, mengikuti pelatihan dapat membantu Anda dalam perjalanan self discovery Anda. Pelatihan ini dapat memfasilitasi, bagaimana Anda dapat hidup secara otentik dan menjadi benar-benar bahagia.

Dilansir dari Elevate Life Project, pembinaan penemuan diri memiliki banyak komponen, di antaranya :

1. Menjelajahi nilai-nilai Anda untuk hidup selaras dengan apa yang menjadi prioritas Anda.

2. Menemukan kepercayaan diri yang membumi, keterpusatan, dan kekuatan.

3. Mengidentifikasi kemampuan Anda untuk membuat keputusan yang lebih mudah.

Baca Juga:Pemuda Berusia 19 Tahun Digelandang ke Mako Polres Sumedang.Bagaimana Memulai Perjalanan Self Discovery ?

Peran pelatihan penemuan diri bertindak sebagai co-pilot dalam perjalanan klien menuju pemenuhan otentik. Proses ini dilakukan dengan cara menantang mereka, memberi mereka keberanian, dan menunjukkan kasih sayang.

Jika Anda atau klien Anda ingin memulai perjalanan penemuan diri, pertimbangkan aktivitas yang menyenangkan dan berwawasan yakni sebagai berikut :

1. Latihan Mengenal “Siapa Saya?”

Latihan ini merupakan titik awal yang berguna untuk melihat diri Anda dengan jelas dalam kaitannya dengan nilai, keyakinan, dan banyak hal. Latihan ini memandu pengguna melalui proses dua langkah untuk mempertimbangkan diri mereka sendiri dari sudut pandang orang lain, diikuti dengan mempertimbangkan persepsi diri mereka pada waktu yang berbeda dalam hidup mereka.

2. Kolase Spontan

Kolase adalah metode penemuan diri yang menyenangkan dan katarsis. Metode ini membantu orang melewati aspek perlindungan sosial dari pikiran, dan mengungkapkan aspek diri-sejati mereka.

Untuk sumber yang bagus, lihat kursus online 12 minggu Shelley Klammer dan lihat tagar #collageforselfdiscovery di Instagram untuk mendapatkan inspirasi dari kolase orang lain.

3. Kokologi: Permainan Penemuan Diri

Dibuat oleh psikolog Jepang terkenal Tadahiko Nagao dan Isamu Saito. Kokologi atau studi tentang kokoro (“pikiran” atau “roh” dalam bahasa Jepang), adalah permainan yang menyenangkan dan terkadang lucu untuk belajar memahami diri sendiri.

Game ini mengundang pemain untuk menjawab pertanyaan tentang topik yang tampaknya tidak bersalah, seperti warna burung imajiner yang terbang di jendela mereka, untuk mengungkap wawasan mendalam dari jawaban mereka. ***

0 Komentar