Warga Diminta Waspada, Area Rawan Longsor

KONDISI JALAN: BPBD membersihkan jalan yang tertutup tanah longsor.
KONDISI JALAN: BPBD membersihkan jalan yang tertutup tanah longsor.
0 Komentar

sumedangekspres- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang, minta warga waspadai jalur bertebing. Mengingat intensitas curah hujan yang masih tinggi, potensi bencana alam (longsor atau banjir) bisa datang kapan saja.Oleh sebab itu, Kepala BPBD Kabupaten Sumedang, Atang Sutarno menegaskan, setiap pengendara yang melintas di jalur bertebing, dituntut selalu waspada. Dikhawatirkan, longsor datang tepat pada saat kendaraan melintas dijalur tersebut.

“Kalau melintas di jalur bertebing, saya himbau kepada warga untuk selalu waspada, ditakutkan akan terjadi longsor yang tidak terprediksi dari awal,” ujar Atang, ketika ditemui baru-baru ini.

Dalam hal ini, pihaknya menyarankan, saat hujan deras para pengendara sebaiknya menghindari jalur yang memiliki tebing rawan longsor. Jika jalur tersebut tidak bisa di hindari, pihak BPBD menyarankan untuk berhenti sejenak, hingga hujan reda.

Baca Juga:Peran Pangeran Aria Suria Atmadja dalam Pembangunan SumedangMistis! Kesenian Terebang di Sumedang

“Kalau kita mau masuk kawasan rawan longsor dan kondisinya hujan, maka sebaiknya perjalanan ditunda dulu. Kami menyarankan beristirahat di jalur yang aman,” tutur Atang.

Dikatakan, selain melintas dikawasan perhutanan, jalan yang terdapat pohon besar dipinggirnya, juga perlu diwaspadai. Terlebih ketika kondisi cuaca tidak aman.

“Pohon tumbang juga harus selalu kita waspadai, kalau kita melintas dijalur yang banyak pohon besar, maka kita harus benar-benar memastikan kondisi cuacanya aman,” pungkasnya. (eri)

 

0 Komentar