Tips Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Passion, Gen Z 2023

Tips Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Passion, Gen Z 2023
Tips Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Passion, Gen Z 2023 (istimewa/Rencanamu.Id)
0 Komentar

3. TES PSIKOTES
Psikotes dapat menjadi salah satu referensi dalam menentukan jurusan kuliah yang cocok. Meski tak 100% efektif membaca potensi dan karakter, namun boleh dijadikan referensi untuk cara menentukan jurusan kuliah yang tepat. Tes ini akan membantumu menganalisis minat, nilai-nilai, karakter, kelebihan, kekurangan, hingga skala kemampuanmu dalam bidang seni atau sosial, serta dalam hal menginvestigasi dan menginterpretasi suatu hal. Tak hanya itu, beberapa personality test juga akan menunjukkan ketertarikan, bidang karir yang cocok, hingga gaya bekerja yang cocok untukmu.

4. JANGAN MEMILIH HANYA KARENA PROSPEK FINANSIAL
Esensi pendidikan bukan lagi untuk mempersiapkan diri di dunia kerja agar lekas mapan. Mungkin pandangan ini memang masih relevan di zaman orangtua kita dulu yang minim kesempatan. Namun kini, kamu bisa menjadi apapun yang kamu mau selama mau memperjuangkannya. Karenanya jangan jadikan uang sebagai acuan. Pendidikan ada untuk mengembangkan semua potensi dan kapasitas intelektual agar dapat berkembang sesuai dengan apa yang benar-benar kamu inginkan.

5. JANGAN TERBURU-BURU, MINTA PENDAPAT ORANG TERDEKAT
Beri Dirimu Waktu dan Minta Bantuan, dengan membaca aneka referensi membuatmu tambah pusing dan stress? Rilekslah sejenak. Ambil napas, buang napas, lemaskan badan. Singkirkan dulu laptop dan ponsel yang kamu gunakan untuk berselancar demi mencari jurusan yang tepat. Ada baiknya kamu pergi ke luar dan berbincang dengan banyak orang. Sebab ketika merasa sulit memutuskan atau ingin tahu lebih dalam mengenai jurusan yang dianggap tepat untukmu, tak ada salahnya untuk meminta saran dari orang yang lebih berpengalaman di bidang tersebut. Selain karena mereka pernah menjalani bidang ini, mereka juga akan lebih paham mengenai prospek karir pada jurusan yang bersangkutan.

Baca Juga:10 Jurusan Kuliah Dengan Prospek Kerja Yang Menjanjikan 2023Beberapa Jurusan Yang Tak Akan Menyesal Bagi Lulusannya

6. KENALI PROBLEM LAIN YANG MUNGKIN AKAN DIHADAPI
Siapa bilang kita harus melihat sisi positif terus-terusan? Kadang kala kita juga harus melihat masalah demi mengetahui cara mengatasinya. Contohnya ketika kamu telah memilih jurusan dan universitas. Setelah menggali semua hal tentang jurusan dan kampus tersebut, kamu harus tahu efek lain yang akan ditimbulkan, agar bisa bersiap untuk menghadapinya. Misalnya saja kamu paham bahwa di daerah itu biaya hidup mahal dan mungkin orangtua akan kesulitan membiayaimu.

0 Komentar