Tips Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Passion, Gen Z 2023

Tips Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Passion, Gen Z 2023
Tips Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Passion, Gen Z 2023 (istimewa/Rencanamu.Id)
0 Komentar

sumedangekspres – Memilih jurusan kuliah bukanlah hal yang gampang tentunya untuk Gen Z. Apalagi diperkembangan zaman dan teknologi yang semakin maju, kamu harus mulai memikirkan prospek apa ke depannya.

Jurusan kuliah sering kali membuat galau para Gen Z yang mulai melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi,

Gen Z harus mulai beradaptasi dengan kehidupan yang setiap harinya bakal penuh dengan hal-hal yang baru lho!

Baca Juga:10 Jurusan Kuliah Dengan Prospek Kerja Yang Menjanjikan 2023Beberapa Jurusan Yang Tak Akan Menyesal Bagi Lulusannya

Hati-hati dalam memilih jurusan agar tidak membuat Gen Z menyesal nantinya dan merasa terbebani dengan jurusan yang Gen Z pilih.

So, untuk itu upayakan bertanya dan mencari tips apa yang bisa membuat kamu merasa terarahkan. Yuk, simak tips memilih jurusan kuliah sesuai passion Gen Z!

Cara Menentukan Jurusan Kuliah Yang Sesuai
Pertimbangkan dengan baik sebelum memutuskan, jangan sampai salah memilih.

Apalagi tahukah kamu, kebanyakan mahasiswa semester 2 baru menyadari kesalahan ini.

Hal tersebut dibuktikan dalam sebuah publikasi ilmiah dari Educational Psychologist oIeh Integrity Development Flexibility (IDF) Irene Guntur, M.Psi., Psi., CGA, yaitu sekitar 87% mahasiswa Indonesia salah jurusan.

1. KENALI PASSIONMU MELALUI PRESTASI
Coba cek lagi nilai-nilaimu di sekolah. Mata pelajaran apa sih yang selalu mendapatkan nilai terbaik? Dari sini, kamu bisa mencari program studi yang berkaitan dengan nilai tersebut. Alternatif lain kamu bisa melihat prestasi yang berhasil kamu raih di bidang lain selain pelajaran sekolah. Misalnya, kamu berbakat menggambar, maka kamu bisa memilih jurusan yang berhubungan dengan gambar, seperti Desain Komunikasi Visual (DKV), Seni Rupa, dan lainnya.

2. CARI JURUSAN SESUAI KEPRIBADIAN
Selain passion, ternyata kepribadian memiliki peranan penting dalam menentukan jurusan kuliahmu. Bahkan juga menjadi salah satu faktor yang membuat seseorang sukses dalam bidangnya. Contohnya, jika kamu berjiwa seni dan kreatif, kamu dapat memasukkan dua kepribadianmu tersebut ke dalam jurusan Desain Komunikasi Visual, hal ini juga berlaku untuk sifat lainnya. Cocokan kepribadian dan jurusan yang kiranya tepat dengan kepribadianmu. Dalam hal ini pahami juga kemampuanmu, jika ingin menjadi seorang dokter namun tidak memiliki kemampuan yang mumpuni pada mata pelajaran IPA, tentu akan menyulitkan langkahmu kedepannya.

0 Komentar