Resep Mie Ayam Solo Spesial Dengan Ceker, Memiliki Rasa Yang Sangat Khas. Cocok Dijadikan Ide Jualan!

Resep Mie Ayam Solo
Resep Mie Ayam Solo (Istimewa/Shutterstock)
0 Komentar

sumedangekspres – Mie ayam merupakan salah satu makanan kaki lima favorit yang ada di Indonesia. Berikut Resep Mie Ayam Solo Spesial Dengan Ceker, Memiliki Rasa Yang Sangat Khas. Cocok Dijadikan Ide Jualan!

Karena setiap daerah yang ada di nusantara ini pasti ada pedagang kaki lima yang menjual mie ayam, mau itu mie ayam sederhana sampai mie ayam bangka yang sangat enak untuk di nikmati ketika malam hari.

Rasa enak yang ada dalam makanan satu ini tidak akan pernah bisa dilupakan oleh orang orang yang sudah pernah memakan mie ayam. Selain karena mie ayam memiliki harga yang sangat terjangkau yaitu mulai dari 10 ribu rupiah saja.

Baca Juga:Resep Nasi Liwet Dengan Lauk Spesial, Resep Masakan Tradisional Lezat dan EnakRekomendasi Saung Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Menu Makanan Banyak dan Harga Sangat Terjangkau

Para pedagang mie ayampun sangat pengertian kepada para pembelinya karena biasanya akan diberikan ayam dengan porsi banyak diatas mie yang sudah lebih dulu masuk mangkuk.

Berikut bahan bahan dan proses pembuatan mie ayam untuk dikonsumsi sendiri dan untuk jualan.

Bahan bahan :

3 keping mie kuning kering
2 batang daun bawang
sawi hijau secukupnya
bawang goreng secukupnya

Langkah pembuatan mie ayam spesial :

  1. Langkah pertama kamu harus merebus air kurang lebih 1 liter atau seuai selera. Masukkan daging ayam dan masak selama lebih kurang 15 menit atau hingga matang tanpa keluar darah. Setelah itu kamu tiriskan dan potong-potong kecil daging ayam. Sisihkan. Pisahkan antara daging dan tulangnya untuk membuat kuah.
  2. Untuk kuah mie ayam, kurang lebih rebus 700 ml air. Masukkan tulang ayam dan rebus lebih kurang selama 30 menit dengan api cenderung kecil kecil.
  3. Sambil menunggu kuah jadi, buat minyak ayam. Panaskan minyak secukupnya, masukkan kulit ayam, goreng dengan api kecil hingga matang dan kulit mengering mengeluarkan minyak. Cincang bawang putih, tumis sebentar, matikan api. Masukkan garam dan lada bubuk, aduk rata.
  4. Cincang bawang bombai, bawang merah dan bawang putih. Haluskan kunyit dan ketumbar, memarkan lengkua dan jahe. Cuci bersih daun salam dan daun jeruk.
  5. Panaskan minyak secukupnya, tumis semua bumbu bawang hingga harum mulai kecokelatan. Masukkan kaldu ayam sedikit. Masukkan gula, garam, merica, bubuk pala, kecap manis, kecap asin, saus tiram dan minyak wijen. Aduk rata hingga mendidih, lalu masukan ayam.
  6. Rebus mie kering hingga matang. Tiriskan dan tuang ke dalam mangkuk.
  7. Masukkan 2 sdm minyak ayam, aduk hingga tidak lengket. Beri taburan daun bawang, bawang merah goreng dan sawi yang sudah direbus. Tuang ayam dan kaldu secukupnya.
0 Komentar