Wow Gunung Tampomas, Sisa Peradaban Banjir Nabi Nuh

tampak dari jauh gunung tampomas yang berada di sumedang
tampak dari jauh gunung tampomas yang berada di sumedang
0 Komentar

sumedangekpsres- Jika bercerita tentang sejarah sumedang, tentu tidak akan ada habisnya, bagaimana tidak, kabupaten dengan makanan khasnya yaitu tahu sumedang sangat kaya dengan beragam cerita kerajaan kasumedangan. Tak terkecuali dengan situ sejarahnya, bahkan sampai di puncak gunung pun tak luput dari nilai atau cerita seajarah. salah satunya adalah Gunung Tampomas.

Tampomas adalah sebuah gunung berapi yang terletak di Jawa Barat, tepatnya sebelah utara kota Sumedang (6.77° LS 107.95° BT). Stratovolcano dengan ketinggian 1684 meter ini juga memiliki sumber air panas. Tak banyak yang mengetahui bahwa Gunung Tampomas, itu Sisa Peradaban Banjir Nabi Nuh.

Untuk mengetahui kisah nya bisa simak pemaparan berikut ini

Menurut buku rundayan tapel Adam dan babu Hawa, ada  Gunung Tampomas adalah  yang satu Gunung yang tidak tenggelam seluruhnya ketika Banjir Bandang di masa Nabi Nuh a.s, gunung-gunung tersebut adalah : Gunung Ciremai, Gunung Agung Tampomas, Gunung Galunggung dan Gunung Burangrang, karena sewaktu banjir Global terjadi level permukaan air laut hanya di Gunung Agung Tampomas hanya sampai ketinggian Gunung Karang  dan Gunung Kumbang, tidak sampai Puncak Manik Gunung Agung Tampomas, dulu banyak ditemukan fosil kerang laut di gunung karang ini,  atau dengan kata lain Gunung Tampomas salah satu  saksi bisu kunci “The Lost Land of Eden” di benua Sundalandia yang kini menjadi Nusantara (Indonesia).

Baca Juga:Mengenal Batu Kasur, Tempat Tidur Prabu Siliwangi di Puncak Gunung TampomasMenengok Patilasan di Puncak Gunung Tampomas

Itu tadi sekilas cerita Gunung Tampomas, Sisa Peradaban Banjir Nabi Nuh, sebagai salah satu masyarakat Sumedang, sudah sepantasnya kita menjaga kelesatarian lingkungan terutama lingkungan gunung tampoasm dengan cara stop vandalisme.

0 Komentar