Cara Budidaya Buah Semangka, Lahan 3×3 Meter Bisa Menghasilkan Banyak Cuan Dari Semangka

Cara Budidaya Buah Semangka
Cara Budidaya Buah Semangka (Istimewa/Shutterstock)
0 Komentar

sumedangekspres – Berikut Cara Budidaya Buah Semangka, Lahan 3×3 Meter Bisa Menghasilkan Banyak Cuan Dari Semangka.

Semangka merupakan salah satu buah yang sangat manis dan mengandung banyak sekali air.

Salah satu buah yang memiliki bentuk yang sangat besar melebihi besarnya melon, karena buah semangka ini lebih banyak mengandung air daripada buah melon.

Baca Juga:Cara Budidaya Tanaman Hias Bunga Matahari Dengan Mudah, Hanya Menggunakan Media Tanam PolybagCara Budidaya Buah Strawberry di Rumah Dengan Bermodalkan Polybag Kecil

Buah ini cocok dimakan ketika panas terik matahari karena buah ini memiliki kandungan air yang sangat melimpah. Kamu juga membuat olahan makanan dari buah semangka ini.

Contoh diantaranya seperti ice cream buah semangka atau es kul kul buah semangka, bisa juga membuat es spo buah atau sop buah yang biasa tanpa es.

Berikut cara membudidayakan buah semangka agar tumbuh subur tanpa membutuhkan lahan yang sangat luas.

Membersihkan dan membajak tanah

Menanam semangka dimulai dengan membersihkan dan membajak tanah.

Membuat bedeng

Membuat bedeng dilakukan dengan cara mencangkul tanah kemudian menaikkan tanah tersebut sehingga permukaan bedeng menjadi lebih tinggi.

Menutupi bedeng dengan mulsa plastik

Siapkan mulsa plastik dengan membuat lubang berdiameter 10 cm dengan jarak yang sama dengan jarak tanam. Mulsa plastik ditutup di atas bedeng. Pinggir mulsa dipasak dengan bilah bambu atau kawat.

Persiapan pembibitan

Persiapan pembibitan untuk menanam semangka membutuhkan tempat semai benih untuk melindungi bibit muda. Sediakan media semai dengan komposisi 10 liter pupuk kandang, 20 liter tanah, dan 150 gram pupuk NPK halus. Campur media tersebut lalu masukkan ke dalam tempat semai.

Pembuatan lubang tanaman

Pembuatan lubang tanaman dilakukan satu minggu sebelum penanaman dengan kedalaman 8-10 cm dan berjarak 20-30 cm dari tepi bedeng.

Menanam semangka

Baca Juga:Cara Budidaya Buah Kiwi, Tumbuh Subur Dalam Polybag dan Hemat Space di Halaman Belakang RumahCara Budidaya Buah Naga di Halaman Belakang Rumah, Bermodalkan Lahan Sempit Jadi Cuan Yang Melimpah

Bibit yang sudah tumbuh daun sejati sejumlah empat helai siap dipindah ke lahan. Satu lubang tanam untuk satu bibit.

Memberi pupuk untuk tanaman semangka

Pupuk untuk tanaman semangka adalah jenis NPK dengan perbandingan 15:15:15 dan dosis dua sampai tiga gram per batang tanaman. Pemberian pupuk disiram selama seminggu sekali.

0 Komentar