Sejarah Tarian Jayengrana Khas Sumedang

Tari Jayengrana menambah tarian tradisional asli Kabupaten Sumedang
Tari Jayengrana menambah tarian tradisional asli Kabupaten Sumedang
0 Komentar

sumedangekspres- Sejarah Tarian Jayengrana Khas Sumedang. Sumedang selain terkenal dengan berbagai cerita sejarah yang dimiliki, tempat wisata dan makanan khasnya yang beragam. Bahkan kesenian yang unik dan menarik juga terdapat di kabupaten dengan makanan khasnya yaitu Tahu Sumedang. Seperti halnya tarian Tari Jayengrana.

Tari Jayengrana merupakan salah satu genre tari wayang gaya Sumedang yang berkarakter satria ladak. Tarian ini beradal dari Sumedang, Jawa Barat. Simak pemaparan berikut untuk mengetahui mengenai tarian ini, Sejarah Tarian Jayengrana Khas Sumedang

Tari Jayengrana Diciptakan Tahun 1942. Tari Karya R. Ono Lesmana Kartadikoesoemah sebagai salah satu seni unggulan Kabupaten Sumedang dan mempunyai ciri khas tersendiri, sehingga tarian tersebut sudah dijadikan Tari Kasumedangan. Tarian ini, sebagai bentuk promosi seni budaya kabupaten Sumedang, pendataan dan pendokumentasian potensi seni budaya.

Baca Juga:Mengenal Jenis Tumbuhan PalawijaManfaat Cabai Rawit Bagi Kesehatan Tubuh

Berdasarkan Eksistensi kekaryaan Tari karya R. Ono Lesmana Kartadikoesoemah tidak hanya tersebar di Sumedang saja, melainkan di Indramayu dan Bandung. Penyebaran tersebut berkat dukungan dari murid-murid Ono yang ikut serta dalam penyebaran. Dukungan tersebut ditunjukan oleh para murid-muridnya dengan membuka sanggar tari di daerahnya masing-masing.

Upaya Ono dalam menyebarkan tariannya tidak hanya dilakukan oleh muridnya, Ungkap Suhadi, tetapi melalui pemberitaan surat kabar. Hasil dokumentasi pertunjukan yang didokumentasikan kemudian disebarkan melalui media.

Itu tadi Sejarah Tarian Jayengrana Khas Sumedang.

0 Komentar