Ingin Kuliah Di UGM? Yuk Kenali Lebih Dekat Tentang UGM

Ingin Kuliah Di UGM? Yuk Kenali Lebih Dekat Tentang UGM
Ingin Kuliah Di UGM? Yuk Kenali Lebih Dekat Tentang UGM (Istimewa/Universitas Gajah Mada)
0 Komentar

sumedangekspres – Ingin Kuliah Di UGM? Yuk Kenali Lebih Dekat Tentang UGM. Universitas  Gajah Mada atau lebih dikenal dengan UGM merupakan daftar perguruan terbaik di Yogyakarta. Perguruan tinggi negeri ini adalah salah satu kampus tertua di Yogyakarta yang memiliki segudang prestasi mahasiswanya. 

Universitas Gadjah Mada secara hukum diresmikan pada tanggal 16 Desember 1949 dengan dikeluarkannya Peraturan Pemerintah No. 23 Tahun 1949 tentang Peraturan tentang Penggabungan Perguruan Tinggi menjadi Universiteit. Yuk Kenali Lebih Dekat Tentang UGM!

Dengan ditandatanganinya Peraturan Pemerintah tersebut tertanggal 16 Desember 1949 oleh Ir. Soekarno, Universitas Gadjah Mada secara resmi menjadi universitas pertama yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia. Sejarah kelahiran Universitas Gadjah Mada lekat dengan peristiwa bersejarah bagi Bangsa Indonesia yang pada saat itu tengah berusaha merebut kembali kemerdekaan, sehingga para pendiri Universitas Gadjah Mada menyepakati tanggal 19 Desember 1949 sebagai hari lahir ulang tahun universitas.

Baca Juga:Daftar Perguruan Tinggi Di Yogyakarta Update 2023Tanda-tanda Skin Barrier Rusak, Wajib Kamu Tahu!

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 23 tanggal 16 Desember 1949 tentang Peraturan Sementara Penggabungan Perguruan Tinggi menjadi Universiteit, merupakan jalan pembuka untuk menyelenggarakan sebuah universitas nasional yang bernama Universitas Gadjah Mada. Yuk Kenali Lebih Dekat Tentang UGM.

Pada tanggal 19 Desember 1949, Pemerintah Republik Indonesia secara resmi mulai menyelenggarakan perguruan tinggi negeri yang dikenal sebagai Universiteit Negeri Gadjah Mada yang berada di Yogyakarta.

Universitas Negeri Gadjah Mada ini merupakan penggabungan dari beberapa Perguruan Tinggi yang telah ada lebih dulu yaitu:

Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Farmasi, Kedokteran Hewan, dan Fakultas pertanian yang didirikan di Klaten pada tahun 1946
Sekolah Tinggi Teknik di Yogyakarta yang didirikan pada tanggal 12 Februari 1946
Sekolah Tinggi Hukum dan Sekolah Tinggi Sastra yang didirikan oleh Yayasan Balai Perguruan Tinggi Yogyakarta Pada tanggal 3 Maret 1946.
Pada saat berdiri, berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 23 Tahun 1949, Universiteit Negeri Gadjah Mada memiliki enam fakultas, yaitu Fakultas Teknik (di dalamnya termasuk Akademi Ilmu Ukur dan Akademi Pendidikan Guru Bagian Ilmu Alam dan Ilmu Pasti); Fakultas Kedokteran di dalamnya termasuk Bagian Farmasi, Bagian Kedokteran Gigi dan Akademi Pendidikan Guru Bagian Kimia, dan Ilmu Hayat; Fakultas Pertanian di dalamnya ada Akademi Pertanian dan Kehutanan; Fakultas Kedokteran Hewan; Fakultas Hukum di dalamnya ada Akademi Keahlian Hukum, Keahlian Ekonomi dan Notariat, Akademi Ilmu Politik dan Akademi Pendidikan Guru Bagian Tatanegara, Ekonomi dan Sosiologi; dan Fakultas Sastra dan Filsafat di dalamnya ada Akademi Pendidikan Guru bagian Sastra.

0 Komentar