Cara Dan Bahan Membuat Tahu Sumedang

Bahan Tahu sumedang
Bahan Tahu sumedang
0 Komentar

sumedangekspres – Bahan Tahu sumedang merupakan makanan tradisional yang terbuat dari kacang kedelai. Tahu terbuat dari ampas kedelai yang diayak. Makanan ini tinggi protein, kalsium dan zat besi. Tahu baik untuk dikonsumsi karena kandungan lemak jenuhnya yang rendah.

Makan tahu baik untuk mengontrol gula darah dan menurunkan kolesterol. Tahu mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Untuk mengawetkan isinya, tahu dapat diolah dengan cara dikukus, digoreng, direbus atau direbus.

Anda bisa membuat tahu sendiri di rumah. Namun proses pembuatan tahu membutuhkan waktu yang lama. Misalnya, proses perendaman kedelai membutuhkan waktu sekitar delapan jam. Ada juga proses penggilingan, penyaringan dan koagulasi. Inilah cara mebmbuat dan Bahan Tahu sumedang.

Baca Juga:Sejarah Tahu Menjadi Kuliner Tradisional SumedangProgram Status Desa Mandiri Kecamatan Sumedang Utara

1. Pengawetan Langkah pertama dalam pembuatan tahu adalah pengasaman. Rendam kacang kedelai dalam air bersih selama kurang lebih 8 jam.

Diperlukan minimal 3 liter air per kilogram kedelai. Selama proses ini, biji kedelai mengembang saat direndam. Proses perendaman berlangsung 8-12 jam.

Jika menggunakan air panas, rendam selama 1-2 jam. Setelah direndam, cuci biji kedelai dan tiriskan. Langkah pencucian ini dilakukan beberapa kali dengan air tawar.

Jika cucian tidak bersih, tahu akan cepat menjadi asam saat dipukul.

2. Penggilingan Proses pembuatan tahu yang kedua adalah menumbuk. Giling kacang kedelai dan tambahkan ke dalam air hangat sedikit demi sedikit.

Menggunakan air suam kuku ini tidak akan menghilangkan bau khas kacang kedelai. Proses penghancuran ini mengubah kedelai menjadi bubur halus.

Setelah penggilingan dimulai, tambahkan air secara bertahap ke dalam mesin. Kemudian masukkan kedelai ke dalam mesin.

Baca Juga:Korban Meninggal : Diduga Penganiayaan Kejadian Penganiayaan dan Tawuran Hampir BersamaanCCEP Indonesia Bersama Komunitas, Kelola Samnah Lakukan Aksi Unava Pengendalian Perubahan lklim

Siapkan wadah berisi kacang kedelai yang sudah dihaluskan. Kemudian rebus bubur selama 10-15 menit.

Saat muncul gelembung-gelembung kecil, berarti bubur kedelai sudah siap. Bubur dimasak dalam wadah besar. Suhu memasak sekitar 100 derajat Celcius.

Tambahkan air terus menerus selama memasak. Misalnya 10 liter per kilogram kedelai. Tahap pemasakan ini bertujuan untuk mempermudah proses penyaringan dan penyedap rasa kedelai.

0 Komentar