Mengenal Sanggar Batik Umimay, Pengrajin Batik Asli Khas Sumedang

Batik Khas Sumedang
Batik Khas Sumedang
0 Komentar

sumedangekspres – Batik Khas Sumedang Selain terkenal dengan makanan khasnya, Sumedang juga memiliki batik asli yang motif-motifnya berasal dari warisan budaya serta sejarah dari berbagai daerah sekitar.

Batik khas Sumedang ini dikenal dengan sebutan Kasumedangan.

Dalam upaya pelestarian batik Sumedang ini, para pengrajin batik asli mendirikan berbagai sanggar. Salah satunya Sanggar Batik Umimay.

Sanggar Batik Umimay didirikan dari 27 Oktober 2011, terletak di Jalan Kaum, Kec. Tanjungsari, Kab. Sumedang.

Baca Juga:Tentang Khodam Yang Ada Di Diri ManusiaRUPST 2023: Kontribusi Nyata Untuk Negeri, BRI Bagikan Dividen Rp43,49 triliun

Sanggar batik ini didirikan oleh beberapa orang, salah satunya adalah Hj. May Juariah Hidayat (70 tahun) yang masih mengelola sanggar hingga saat ini.

Sanggar ini memproduksi batik dengan proses manual (handmade), mulai dari kisaran harga 100 ribu sampai 4 juta. Tergantung dari kualitas bahan, pewarnaan, dan tingkat kesulitan pengerjaan.

Sudah banyak motif batik yang dihasilkan oleh Sanggar Batik ini, di antaranya Monumen Lingga, Jatinangor Tempoe Doeloe, Memorial Cadas Pangeran, Tahu Modern, dan lain-lain.

Menurut Hj. May, batik yang asli merupakan batik yang dihasilkan dari beberapa tahapan olahan tangan, bukan printing. Namun sayangnya, batik printing jauh lebih laku di pasaran ketimbang batik asli.

“Kami lumayan mengalami kesulitan buat bersaing dengan batik printing. Jadi kami ngambilnya ke beberapa masyarakat saja yang memang sudah mengenal kami dan berlangganan. Kalau ke pasaran umum kami kalah,” ucapnya saat diwawancara pada Senin (13/2/2023).

Tak hanya memproduksi batik, Sanggar Batik Umimay juga seringkali mengikuti berbagai macam event dan festival budaya di Sumedang. Dan tidak sedikit pula prestasi yang ditorehkan dalam setiap event yang diikutinya.

Dalam produksiannya, sanggar ini juga mempekerjakan masyarakat sekitar yang memiliki ketertarikan terhadap batik asli, juga dengan tujuan untuk membantu mensejahterakan ekonomi masyarakat setempat.

Baca Juga:Kitab Waruga Jagat Bahasa Sunda Dan TerjemahanSistem Beribadah Sunda Wiwitan

Selain memproduksi batik, Sanggar Batik Umimay juga memfasilitasi orang-orang yang ingin belajar dan mengenal lebih jauh tentang batik, juga menyediakan kursus privat serta membantu orang melakukan riset penelitian.

0 Komentar