Wow Ternyata Kemenyan Tidak Mistis, Melainkan Mengandung Manfaat

Wow Ternyata Kemenyan Tidak Mistis, Melainkan Mengandung Manfaat
0 Komentar

sumedangekspres- Sumedang yang terkenal dengan budaya dan tradisi yang kenal, juga masih melestarikannya hingga kini, salah satunya menyelakan Kemenyan. Kemenyan, adalah aroma wewangian berbentuk kristal yang digunakan dalam dupa dan parfum. Kristal ini diolah dan diperoleh dari pohon jenis Boswellia dalam keluarga tumbuh-tumbuhan .

Kemenyen memiliki bentuk getah kering diambil dari pohon kemenyan. Getah tersebut biasa dikenal sebagai benzoid di ambil dari bahasa arab benz berarti harum, boa berarti getah sehingga kata benzoid berarti getah berbau harum.

Kemenyan digunakan dalam upacara yang mistis biasanya, aromanya yang khas, membuat setiap orang yang menciumnya menjadi mudah mengenali.

Baca Juga:Manfaat Kendondong bagi Kesehatan TubuhCara Menjaga Kesehatan Ginjal

Namun, tanpa kalian tau, kemnyean memiliki manfaat yang telah dikenal luas di Indonesia terutama sebagai bahan obat, baik sebagai obat tradisional maupun industri rokok, batik dan upacara ritual. Lebih dari itu tanaman kemenyan sebagai golongan styrax mengandung senyawa kimia yang dapat digunakan sebagai obat-obatan.

Kemenyan sumatrana (Styrax benzoin Dryander) memiliki banyak senyawa bioaktif seperti asam sinamat dan turunannya yaitu senyawa kimia yang dapat digunakan sebagai bahan baku untuk industri kosmetik dan obat-obatan.

Tanaman kemenyan prospektif dikembangkan untuk tanaman hutan rakyat, hutan kemasyarakatan, rehabilitasi, sekat baker, penghara industri pulp, maupun untuk pohon ornamen. Selain itu kayunya dapat digunakan untuk bangunan rumah dan jembatan serta akarnya mengandung cairan berwarna kemerah-merahan yang berfungsi sebagai insektisida.

Kemenyan digunakan dalam aroma parfum dan aroma terapi, selain itu juga merupakan bahan yang kadang-kadang digunakan dalam perawatan kulit. Minyak esensial ini diperoleh dengan uap dari getah kering. Beberapa bau asap kemenyan adalah produk dari prilolisis. Kemenyan juga digunakan di banyak gereja Kristen termasuk Ortodoks  Timur, Oriental Ortodoks dan Katolik. Kristen dan Islam memiliki kemenyan untuk digunakan dengan cara dicampur dengan minyak untuk mengurapi bayi baru lahir, inisiasi, dan anggota memasuki fase baru kehidupan spiritual mereka.

Itu tadi Kemenyan Tidak Mistis, Melainkan Mengandung Manfaat.

0 Komentar