Apa Perbedaan Bitcoin dan Blockchain

Baca juga : Apa itu Teknologi Blockchain dan Apa Perbedaannya dengan Cryptocurrency
Baca juga : Apa itu Teknologi Blockchain dan Apa Perbedaannya dengan Cryptocurrency (Freepik)
0 Komentar

sumedangekspres – Blockchain semakin populer seiring dengan viralnya bitcoin, lalu apa perbedaan bitcoin dengan blockchain? Sebelumnya mari kita bahas sedikit apa itu teknologi blockchain.

Blockchain merupakan teknologi yang berfokus pada penggunaan terhadap teknologi komputasi dengan tujuan membuat kumpulan grup atau serangkaian blok yang terhubung dengan satu sama lain.

Jadi  sekelompok blok yang saling berhubungan akan saling terhubungan juga memiliki catatan yang berbeda dari rangkaian transaksi dan dapat digunakan untuk melacak keberadaan aset dalamsebuah jaringan perusahaan.

Baca Juga:Jenis-jenis Blockchain yang Harus Kamu Ketahui5 Perusahaan di Indonesia Berbasis Blockchain

Blockchain adalah teknologi baru yang telah diadopsi oleh berbagai industri di dengan mekanisme basis data lanjutan yang memungkinkan untuk berbagai informasi secara transparan dalam jaringan bisnis.

Data dalam blok tersebut akan dihubungkan bersama dalam sebuah rantai yang disimpan dalam basis data blockchain melalui data yang bersifat konsisten, karena kita tidak bisa menghapus dan juga mengubah rantai tanpa konsensus jaringan.

Dengan begitu kita bisa menggunakan teknologi tersebut untuk membuat sebuah buku besar yang tidak dapat diubah dan tetap dapat melacak pesanan, pembayaran, akun, dan transaksi lainnya.

Disebabkan teknologi ini mempunyai mekanisme bawaan untuk mencegah semua entri transaksi  yang tidak sah dan akan menciptakan konsistensi dalam tampilan bersama dari transaksi tersebut.

Oleh sebab itu, mata uang dan catatan transaksi tidak bisa disamakan dengan satu sama lain. Terlebih lagi, blockchain sendiri punya kegunaan lain yang berbeda dari bitcoin yang ada di poin berikut.

0 Komentar