Nonton Film Horor Sebagai Terapi Gangguan Kecemasan dan OCD

Nonton Film Horor Sebagai Terapi Gangguan Kecemasan dan OCD
(Ilustrasi film horor/Pinterest)
0 Komentar

sumedangekspres – Nonton film dikabarkan bisa menyembihkan stress dan depresi.

Menurut sehatq film horor dapat digunakan sebagai terapi pada penderita gangguan kecemasan atau OCD yang juga mendapat perawatan.

Menonton film bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan menyehatkan.  Menonton film dapat mengalihkan perhatian Anda dari stres dan rutinitas sehari-hari untuk sementara waktu.

Hal ini sangat membantu dalam menjaga kesehatan mental.

Bagi Anda yang kesulitan mengungkapkan perasaan, menonton film bisa menjadi salah satu cara untuk mengeluarkan emosi seperti menangis atau tertawa.

Baca Juga:Game Aksi Penghasil Uang Saldo DANA dan OVO Seru dan Membayar CepatManfaat Menonton Drama Korea dan Film Bisa Menghilang Stress dan Memperbaiki Suasana Hati

Film tragedi juga membuat seseorang menghargai hal-hal baik yang mereka dapatkan dalam hidup mereka.

Film Horor Sebagai Terapi

Faktanya, banyak orang dengan gangguan kecemasan masih menikmati film horor karena satu dan lain hal

Bagi sebagian orang dengan gangguan kecemasan, menonton tayangan horor adalah cara memperkuat pemicu kecemasan yang Anda hadapi setiap hari.

Jangan selalu menghindari hal-hal yang menakutkan. Dengan menghadapi ketakutan atau kecemasan tersebut, mereka dapat membuat diri mereka lebih tenang, lebih berani, dan lebih realistis.

Film horor dapat meningkatkan kemampuan melawan stres, membakar kalori lebih cepat, dan meningkatkan aktivitas otak.

Meski terkesan kontraintuitif, menonton film horor bisa membuat Anda rileks. Ketika seseorang dalam keadaan cemas, sistem saraf mereka bereaksi dan melepaskan adrenalin untuk melindungi mereka dari bahaya yang dirasakan.

Tubuh bersiap menghadapi ancaman ini melalui mekanisme melarikan diri atau melawan, termasuk pernapasan berat dan detak jantung yang meningkat.

Baca Juga:Tutorial Streaming Nonton Drama dan Film di Disney + Hotstar Secara GratisResep Bakwan Udang Renyah Gurih Untuk Buka Puasa

Tanpa disadari, menonton film horor bisa juga digunakan sebagai terapi kesehatan mental untuk orang dengan gangguan kecemasan, yaitu exposure therapy.

Terapi ini bisa Anda gunakan untuk mengatasi rasa takut atau fobia serta kondisi kesehatan mental lainnya.

Perasaan cemas dan takut yang muncul saat menonton film horor seringkali membingungkan karena bisa menghantui bahkan setelah film selesai.

Berbeda dengan kecemasan berlebih yang merupakan gejala gangguan kecemasan, kecemasan saat menonton film horor bisa lebih mudah dikendalikan dengan pikiran sadar.

Misalnya tutup mata atau tutup telinga saat ada adegan seram.Di saat yang sama, rasa takut berlebihan akibat gangguan kecemasan cukup sulit diatasi atau dikendalikan dengan cepat karena semua perasaan tersebut berasal dari alam bawah sadar Anda.

0 Komentar