Pengertian Blockchain, Manfaat, dan Cara Kerjanya

Pengertian Blockchain, Manfaat, dan Cara Kerjanya
Pengertian Blockchain, Manfaat, dan Cara Kerjanya (Freepik)
0 Komentar

sumedangekspres – Akibat perkembangan aset kripto yang mana setiap transaksi yang dilakukan dengan Bitcoin akan tercatat ke dalam blockchain, kamu penasaran bukan pengertian blockchain, apa manfaatnya, dan bagaimana cara kerjanya.

Sebelumnya akan kita bahas terlebih dahulu aset kripto  yang semakin hari diminati oleh masyarakat Indonesia. Dengan adanya kripto tersebut tak terlepas dari teknologi bernama blockchain.

Teknologi ini mungkin masih terdengar asing juga belum banyak yang diketahui oleh masyarakat awam. Padahal dengan teknologi blockchain inilah yang kemudian mendasari perkembangan aset-aset kripto.

Baca Juga:Cara Blockchain Mengubah DuniaBagaimana Penggunaan dan Sistem Kerja Blockchain?

Blockchain tersebut akan dapat dilihat secara umum atau open source layaknya seperti  buku khas induk di bank yang mana mencatat semua transaksi nasabah.

Teknologi ini juga bisa digunakan untuk perjanjian berbasis kontrak lainnya, sehingga dapat bekerja dengan sedemikian rupa dan tidak ada satu entitas pun yang dapat mengatur transaksi, karena setiap orang mengatur transaksi.

Namun, apa pengertian blockchain tersebut? Dan apa manfaatnya? Lalu bagaimana cara kerjanya? Simaklah penjelasan berikut ini.

Pengertian Blockchain

Bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, blockchain memiliki arti rantai blok. Blockchain dapat didefinisikan sebagai daftar blok yang akan terus bertambah, di mana tiap blok dihubungkan dengan hash dari blok sebelumnya.

Sebuah blok terdiri dari kumpulan transaksi dengan penanda waktu dan hash dari blok sebelumnya. Secara sederhana, pengertian blockchain adalah suatu sistem penyimpanan transaksi digital.

Blockchain akan melakukan pencatatan secara permanen terhadap setiap transaksi yang dilakukan. Sistem tersebut terletak dalam sebuah database publik yang disebut dengan ledger atau buku besar.

Buku besar ini bersifat terdistribusi; transaksi disimpan dalam blok dan tersebar di jaringan peer-to-peer di mana setiap node menyimpan salinan buku besar.

Baca Juga:Apa itu Teknologi Blockchain dan Apa Perbedaannya dengan Cryptocurrency10 Contoh Soal Pilihan Ganda Algoritma Kelas X

Sebagai pusat data atau data base, blockchain dirancang guna menyimpan informasi elektronik dengan format digital dan mampu menjaga catatan transaksi dengan aman dan terdesentralisasi.

Ilustrasi aset kripto yang merupakan bagian dari teknologi blockchain. Secara sederhana, pengertian blockchain adalah suatu sistem penyimpanan transaksi digital.

0 Komentar