Jenis Mesin Kendaraan Ramah Lingkungan

Jenis Mesin Kendaraan Ramah Lingkungan
Jenis Mesin Kendaraan Ramah Lingkungan (liputan6.com)
0 Komentar

sumedangekspres – Setelah mengetahui kendaraan yang ramah lingkungan dapat menjaga kelestarian alam, apa kamu penasaran dengan jenis mesin kendaraan tersebut?

Sebelum kita bahas tentang jenis-jenis mesinnya mari kita ulas dahulu mengenai apa itu kendaraan yang ramah lingkungan.

Kendaraan yang ramah lingkungan ini menggunakan konsep dimana teknologi diciptakan tanpa perlu merusak dan memberikan dampak negatif terhadap lingkungan.

Baca Juga:Konsep Teknologi Ramah Lingkungan dan ManfaatnyaKendaraan Ramah Lingkungan Selain Mobil Listrik

Kini produsen otomotif banyak yang berlomba-lomba untuk meluncurkan produk yang ramah lingkungan.

Konsep kendaraan tersebut memiliki tujuan untuk mengatasi perubahan iklim yang diakibatkan emisi karbon.

Mobil listrik tentunya berbeda dengan mobil konvensional yang menggunakan bahan bakar bensi.

Kendaraan ini didukung oleh bahan bakar alternatif seperti mobil listrik hybrid, mobil atau motor listrik baterai, penggunaan hidrogen, dan kompresi udara.

Mesin HEV atau hibrid menggabungkan dua jenis mesin sebagai penggerak mobil, yakni mesin bertenaga bensin dan motor traksi.

Meski menggunakan istilah elektrik, mesin HEV masih mengandalkan mesin konvensional berbahan bakar bensin sebagai mesin utama. Sementara itu, motor traksi digunakan sebagai tenaga tambahan.

Jenis mobil listrik ini disebut juga standard hybrid atau paralel hybrid. Cara kerja mobil listrik HEV ini baik mesin maupun motor dapat memutar transmisi menggerakkan roda pada saat bersamaan.

Baca Juga:Apakah Traveling dengan Kereta Api Ramah Lingkungan?Aplikasi Teknologi Ramah Lingkungan dalam Bidang Lingkungan

Lalu saat pengereman, motor dapat berubah menjadi generator dan mengisi baterai. Karena juga mendapat energi dari BBM, maka mobil ini memiliki tangki pemasok BBM ke mesin seperti mobil biasa.

Mobil ini tidak punya charging port maka baterainya tidak dapat diisi ulang dari luar sistem seperti jaringan listrik PLN.

Meski begitu, HEV mampu meminimalisasi emisi gas buang yang hanya berkisar antara 70-80 gram per kilometer.

2. Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV)

Lebih canggih dari HEV, ada pula mobil dengan mesin berteknologi plug-in hybrid electric vehicle (PHEV). Mobil ini merupakan pengembangan lanjutan dari hibrid.

0 Komentar