Dengan Sertifikasi Kompetensi Diharapkan UPI Jadi Motor Dunia Kompetensi

Sertifikasi Kompetensi UPI
Direktur Lembaga Pelatihan Duta Academy  Hadi Kusyanto M.Kom, PSM. Saat diwawancara Sumeks.
0 Komentar

KOTA – Kemampuan lulusan dari sebuah perguruan tinggi perlu terus ditingkatkan agar mampu menghasilkan lulusan yang berkompeten sehingga memiliki daya saing yang kompetitif di dunia kerja dan industri, pada era transformasi digital sekarang ini, yang tentunya keterampilan dan kompetensi sangat dibutuhkan. Sertifikasi kompetensi merupakan bentuk pengakuan atas kemampuan, keterampilan dan sikap kerja seseorang dalam bidang tertentu.

Sertifikasi Kompentensi yang di Gelar Prodi PGSD UPI Sumedang diselenggarakan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), yang sudah diakui secara Internasional.

Hal ini disampaikan Direktur Lembaga Pelatihan Duta Academy mitra dari BNSP. Hadi Kusyanto. M.Kom, PSM. dikatakan, tujuan utama dari kegiatan sertifikasi kompetensi di UPI Kampus Sumedang adalah, agar Mahasiswa ketika sudah lulus sudah punya Sertifikat kompetensi. Karena Sertifikat kompetensi beda dengan Sertifikat kursus ataupun training.

Baca Juga:PGSD UPI Kampus Sumedang Gelar Sertifikasi Kompetensi bagi MahasiswaKisah Nabi Yussuf As

“Kalau sertifikat training itu sertifikat keikut sertaan, sedangkan Sertifikat Kompetensi adalah Sertifikat yang sudah diuji. Diakui secara Internasional baik di Indonesia dan juga Negara – negara yang lain, sudah mengakui Badan Nasional Sertifikasi Profesi,” kata Hadi.

Lanjut Hadi, jadi antarnegara ini sudah punya kesepakatan, bahwa Sertifikat Profesi yang berlaku secara Internasional dari indonesia itu adalah Sertifikat BNSP. Saat ini sedang di jalankan di Prodi PGSD UPI Kampus Sumedang.

Ia mengatakan, selain itu mahasiswa dituntut ketika lulus nanti memiliki skill yang memang benar-benar dibutuhkan di dunia kerja. Sehingga antara akademik, dengan riil dunia kerja, menjadi semakin kecil, dan terjadi mathc, antara kebutuhan dunia kerja dengan yang disuplai oleh UPI Kampus Sumedang ini.

Lanjut dia, sehingga UPI Kampus Sumedang ini kedepan diharapkan bisa menjadi penggerak atau motor, terutama bagi dunia kompetensi di Indonesia. Hal ini akan menumbuhkan ekonomi nasional, karena Mahasiswa UPI Kampus Sumedang kedepanya akan banyak yang terserap di dunia kerja.

 

0 Komentar