Rempah Kencur Yang Banyak Akan Manfaat

Rempah Kencur Yang Banyak Akan Manfaat
Rempah Kencur Yang Banyak Akan Manfaat
0 Komentar

Manfaat Kencur untuk Kesehatan

Manfaat kencur bisa Anda temukan di daun maupun rimpangnya. Daun dan rimpang kencur bisa digunakan untuk mengatasi ketombe dan nyeri seperti sakit kepala, sakit gigi, dan sakit perut.

Tak hanya sebagai obat herbal, kencur juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan campuran dalam produk sampo, cuka, bedak, hingga aromaterapi.

Di Indonesia sendiri, kencur telah digunakan secara turun-temurun sebagai bahan untuk membuat jamu, misalnya beras kencur, yang terbuat dari campuran beras, kencur, asam jawa, dan gula merah.

Baca Juga:Resep Serundeng Kelapa Dengan Aneka MasakanTernyata Kapulaga Rempah Yang Banyak Manfatnya

Selain itu, ada beberapa manfaat kencur untuk kesehatan yang tak kalah dengan obat-obatan modern, di antaranya:

1. Menurunkan tekanan darah

Kencur telah lama digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi atau hipertensi. Berbagai studi pun mendukung temuan ini karena kencur mengandung kalium, antioksidan, dan senyawa yang bersifat diuretik.

Kandungan di dalam kencur tersebut diketahui dapat menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil. Kencur pun baik dikonsumsi untuk melancarkan sirkulasi darah.

2. Membasmi bakteri penyebab penyakit

Ekstrak kencur diketahui mengandung minyak esensial yang bersifat antibakteri. Beberapa riset menunjukkan bahwa kandungan antibakteri pada kencur dapat membasmi kuman di kulit, gigi dan gusi, serta saluran pernapasan.

Manfaat kencur bahkan dipercaya dapat mematikan kuman Mycobacterium tuberculosis penyebab TBC. Akan tetapi, sejauh ini penelitian tersebut masih terbatas pada uji coba di laboratorium. Oleh karena itu, efektivitas dan tingkat keamanan kencur sebagai obat untuk mengobati penyakit infeksi masih perlu diteliti lebih lanjut.

3. Meredakan nyeri dan peradangan

Kencur mengandung zat yang bersifat antinyeri dan antiradang. Saat tubuh mengalami peradangan atau nyeri, Anda dapat menggunakan kencur untuk meringankannya

0 Komentar