Rempah Kencur Yang Banyak Akan Manfaat

Rempah Kencur Yang Banyak Akan Manfaat
Rempah Kencur Yang Banyak Akan Manfaat
0 Komentar

Sumedang Ekspres-Kencur atau cikur (Kaempferia galanga) adalah tanaman yang mempunyai akar batang yang tertanam di dalam tanah, biasa dipakai untuk bahan rempah-rempah dan ramuan obat.
Bagian tanaman kencur yang sering digunakan adalah rimpang, akar dan daun.

Selain itu, tanaman ini merupakan salah satu jenis empon-empon/tanaman obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae). Rimpang atau rizoma tanaman ini mengandung minyak atsiri dan alkaloid yang dimanfaatkan sebagai stimulan. Nama lainnya adalah cekur (Malaysia) dan pro hom (Thailand). Dalam pustaka internasional (bahasa Inggris) kerap terjadi kekacauan dengan menyebut kencur sebagai lesser galangal (Alpinia officinarum) maupun zedoary (temu putih), yang sebetulnya spesies yang berbeda dan bukan merupakan rempah pengganti. Terdapat pula kerabat dekat kencur yang biasa ditanam di pekarangan sebagai tanaman obat, temu rapet (K. rotunda Jacq.), tetapi mudah dibedakan dari daunnya.

Nama kencur dipinjam dari bahasa Sanskerta, kachora, कचोर, yang berarti temu putih (Curcuma zedoaria).

Baca Juga:Resep Serundeng Kelapa Dengan Aneka MasakanTernyata Kapulaga Rempah Yang Banyak Manfatnya

Manfaat kencur telah lama dikenal masyarakat Indonesia sebagai salah satu obat tradisional yang baik untuk kesehatan tubuh. Tanaman herba yang sering dikonsumsi sebagai jamu atau bumbu masakan ini bahkan disebut memiliki kemampuan untuk mencegah maupun mengatasi penyakit.

Kencur merupakan tanaman herba yang memiliki aroma dan cita rasa unik. Tumbuhan dengan nama latin Kaempferia galanga ini banyak tumbuh di wilayah Asia Tenggara, seperti Indonesia, Kamboja, Thailand, dan Malaysia. Kencur masih tergolong sebagai kerabat dari kecombrang, temu ireng, dan jahe serta telah dikenal sejak lama sebagai tanaman obat tradisional.
Kandungan Nutrisi Kencur

Ragam manfaat yang ditawarkan kencur tentunya tak lepas dari kandungan nutrisi di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa kandungan nutrisi kencur yang membuatnya kaya akan manfaat dan baik untuk kesehatan tubuh:

Protein

Serat

Mineral, seperti kalium, fosfor, magnesium, zat besi, kalsium, selenium, dan zinc

Vitamin, termasuk vitamin C, vitamin B, vitamin K, dan folat

Selain itu, kencur juga mengandung minyak esensial dan senyawa yang bersifat antioksidan, antiradang, antibakteri, dan antinyeri.

0 Komentar