Ternyata Kapulaga Rempah Yang Banyak Manfatnya

Ternyata Kapulaga Rempah Yang Banyak Manfaat nya
Ternyata Kapulaga Rempah Yang Banyak Manfaat nya
0 Komentar

Sumedang Eskpres-   Kapulaga adalah sejenis rempah yang dihasilkan dari biji beberapa tanaman dari genera Elettaria dan Amomum dalam keluarga Zingiberaceae (keluarga jahe-jahean). Kedua genera ini adalah tanaman asli Bangladesh, Bhutan, India, Indonesia, Nepal, dan Pakistan; biji kapulaga dapat dikenali dari biji polongnya yang kecil, penampang irisan segitiga, dan berbentuk gelendong kumparan, dengan kulit luar yang tipis, dan biji hitam yang kecil.

Kapulaga adalah sejenis rempah yang dihasilkan dari biji beberapa tanaman dari genera Elettaria dan Amomum dalam keluarga Zingiberaceae (keluarga jahe-jahean). Kedua genera ini adalah tanaman asli Bangladesh, Bhutan, India, Indonesia, Nepal, dan Pakistan; biji kapulaga dapat dikenali dari biji polongnya yang kecil, penampang irisan segitiga, dan berbentuk gelendong kumparan, dengan kulit luar yang tipis, dan biji hitam yang kecil.

Ada dua macam kapulaga yang banyak digunakan di Indonesia, yakni kapulaga jawa (Amomum compactum) dan kapulaga seberang atau kapulaga india (Elettaria cardamomum); keduanya termasuk ke dalam suku jahe-jahean atau Zingiberaceae.

Baca Juga:Resep Pepes Ikan Mas Dengan Cita Rasa Gurih Dan NikmatRekomendasi Menu Untuk Berbuka Puasa

Kapulaga India diperkenalkan ke Guatemala oleh pengusaha perkebunan kopi asal Jerman, Oscar Majus Kloeffer, sebelum Perang Dunia I.[2] Kini Guatemala menjadi penghasil kapulaga terbesar di dunia, diikuti oleh India. beberapa negara seperti Sri Lanka dan Indonesia juga membudidayakannya. Polong biji Elettaria berwarna hijau terang, sementara polong bidcji Amomum lebih besar dan berwarna cokelat tua.

Kini kapulaga adalah rempah termahal ketiga di dunia, setelah saffron dan vanilla.

16 manfaat kapulaga untuk kesehatan tubuh manusia :

1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Kapulaga masih ada hubungannya dengan jahe dan bisa berfungsi seperti jahe untuk mengatasi masalah pencernaan. Kandungan minyak atsiri dalam kapulaga mampu meringankan sakit perut, susah buang air besar, disentri, dan gangguan pencernaan lainnya. Aroma kapulaga juga bisa meningkatkan nafsu makan dan membantu meringankan mulas. Untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan, Anda bisa mengonsumsi biji kapulaga langsung atau mencampurkannya dalam masakan, bisa juga dijadikan teh.

2. Baik Untuk Ginjal

Beberapa penelitian yang dilakukan membuktikan khasiat buah kapulaga sebagai diuretik yang mampu melancarkan pengeluaran urin. Khasiatnya ini ikut membantu melindungi ginjal dari beragam penyakit. Kemampuan diuretik ginjal juga bermanfaat untuk mencegah penyakit nefritis, sistitis, serta penyakit lain yang berhubungan dengan saluran urin.

0 Komentar