Cara Mencegah Bahaya Cacing Gelang pada Kucing

kesehatan kucing
kesehatan kucing
0 Komentar

sumedangekspres- Cara Mencegah Bahaya Cacing Gelang pada Kucing. Kucing merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara oleh manusia. Selain memiliki bulu yang halus, kucing juga sering bertingkah lucu, tak heran jika hewan ini banyak diminati untuk dipelihara.

Namun, tentu terdapat hal yang harus diperhatikan ketika, atau sedang memelihara kucing. Selain makanan, tempat  tinggal, kebersihan, juga kesehatan harus diperhatikan oleh pemilik. Karena kucing yang sehat juga akan membuat pemilik lebih senang bermain bersama hewan yang memiliki bulu yang lembut ini. Salah satu hal di lingkungan sehrai-hari, yang tanpa disadari mengancam kesehatan kucing adalah Cacing Gelang pada Kucing. Cara Mencegah Bahaya Cacing Gelang pada Kucing

1. Pengertian

Cacing gelang usus adalah parasit usus yang paling umum terjadi pada kucing dari segala usia di seluruh dunia. Ada dua jenis cacing gelang yang umum dialami oleh kucing, yaitu Toxocara cati dan Toxascaris leonina. Kucing paling sering tertular cacing setelah bersentuhan dengan telur parasit atau kotoran yang terinfeksi.

2. Penyebab

Baca Juga:Cara Mengobati Jamur pada KucingBiaya Steril Kucing Betina

Bisa jadi hal ini disebabkan karena seekor kucing berjalan melalui area dengan telur atau feses yang terinfeksi. Hal ini membuat kucing mungkin akan menelan telur atau partikel kotoran, terutama saat membersihkan bulu dan kakinya.

Umumnya, kondisi ini mungkin lebih terjadi pada kucing yang sering berjalan-jalan di luar ruangan. Apalagi, jika beberapa kucing berbagi kotak pasir. Bila pasir tersebut terkontaminasi kotoran yang terinfeksi, maka bisa membuat kucing jadi cacingan.

Selain itu, kucing yang hidup di luar ruangan dan suka berburu hewan pengerat kecil, ternyata juga berisiko lebih tinggi tertular cacing. Hal ini disebabkan karena cacing dapat hidup di jaringan otot mangsanya.

Bila kucing tidak sengaja memakan hewan pengerat yang terinfeksi larva cacing, maka di dalam tubuh kucing bisa terjadi infestasi cacing, terutama saat larva tersebut berkembang menjadi dewasa di usus kucing.

3. Ciri-ciri Kucing cacingan

1. Penurunan berat badan dan perut buncit

Biasanya, kucing yang cacingan masih memiliki nafsu makan yang baik. Namun, bila berat badannya turun, maka bisa jadi ini tanda kucing mengalami cacingan.

0 Komentar