Berbagai Sifat Magnet Dapat Menghilang atau Melemah

Berbagai Sifat Magnet Dapat Menghilang atau Melemah
Berbagai Sifat Magnet Dapat Menghilang atau Melemah
0 Komentar

sumedangekspres- Magnet umumnya berwarna kehitaman dan bisa menarik beberapa jenis logam. Secara bahasa, magnet berasal dari bahasa Yunani, magnítis lítho yang artinya adalah batu Magnesian. Hal ini sesuai dengan sejarah ditemukannya magnet pada awalnya. Magnet adalah sebuah bahan material dengan sifat khusus yang dampak dari sifatnya itu membuat atau menghasilkan gaya tarik. Tetapi juga menghasilkan gaya tolak terhadap material khusus lain. Sifat magnet merupakan keunikan yang tidak dimiliki oleh benda lainya. Berbagai Sifat Magnet Dapat Menghilang atau Melemah

Dapat Menarik Benda Logam

Jelaskan sifat-sifat magnet yang pertama adalah dapat menarik benda logam tertentu. Tidak semua jenis logam dapat ditarik oleh magnet. Sifat kemagnetan yang memiliki kemampuan untuk menarik benda-benda yang mengandung unsur besi atau logam ini, mengklasifikasikan logam menjadi tiga jenis utama, yakni:

  • Ferromagnetik : benda-benda logam yang dapat ditarik dengan sangat kuat oleh magnet, misalnya baja.
  • Paramagnetik : benda-benda logam yang dapat ditarik magnet namun dengan gaya yang lemah, misalnya alumunium
  • Diamagnetik : bend ayang tidka bisa ditarik oleh magnet, misalnya plastik dan seng

Memiliki Dua Kutub

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, magnet memiliki dua kutub yakni kutub negatif dan kutub positif yang terletak di setiap ujung magnet. Tentu kita semua menyadari bahwa kedua kutub magnet akan mengarah ke masing-masing belahan bumi sesuai dengan posisinya. Kemampuan magnet dalam mengikuti arah bumi ini karena adanya pengaruh sangat kuat dari medan magnet murni.

Baca Juga:Minuman Agar Cepat KontraksiCiri-Ciri Kucing Hamil

Jika diminta untuk jelaskan sifat-sifat kutub magnet, dua kutub magnet dengan sifat berbeda yang didekatkan akan menimbulkan gaya saling tarik menarik dan menempel. Sementara, jika kutub yang sama, maka gaya yang akan dihasilkan adalah saling menolak.

Gaya Magnet dapat Menembus Penghalang

Yang menarik, meskipun dihalangi oleh kaca ataupun kertas, magnet tetap bisa menghasilkan gaya tarik menarik maupun tolak meskipun terdapat penghalang. Tapi tidak semua penghalang yang dapat ditembus oleh magnet, hanya penghalang yang tidak tebal yang dapat ditembus oleh gaya magnet.

0 Komentar