Sejarah Sumedang Saat Pangeran Kornel Melawan Belanda

Sejarah Sumedang Melawan Belanda
Sejarah Sumedang Melawan Belanda pangeran kornel/pinterest
1 Komentar

sumedangekspres – Sejarah Sumedang Melawan Belanda memiliki cerita yang menarik ketika Pangeran Kornel, yang merupakan Bupati Sumedang pada masa itu, berani melawan kekuasaan Belanda yang sedang menjajah Indonesia.

Beliau dikenal sebagai sosok yang berani dan tegas dalam memperjuangkan keadilan bagi rakyat Sumedang. Pada masa pemerintahan BelKamu, Pangeran Kornel menunjukkan keberanian dalam melawan Gubernur Jenderal Hindia Belanda atas tindakan yang tidak semestinya terhadap rakyat Sumedang.

Selain itu, beliau juga membangun daerah Sumedang dan membuat perubahan dalam masyarakat.

Baca Juga:Sejarah konflik antara Sumedang dan Cirebon Jaman BelandaSejarah Sumedang Yang Tidak Diketahui Pada Jaman Kolonial

Sumedang menjadi semakin maju dan modern berkat perjuangan Pangeran Kornel. Kini, Pangeran Kornel dikenal sebagai simbol perlawanan Sumedang terhadap kekuasaan BelKamu dan suatu saat nanti , cerita heroiknya akan terus diabadikan dalam sejarah Sumedang.

Sumedang pada masa itu juga menjadi salah satu kota penting di Jawa Barat, sebelum Bandung dibangun pada akhir abad ke-19 .

Meski Sumedang telah memiliki sejarah yang panjang, namun tak jarang wilayah ini juga menjadi lokasi pertempuran pada masa penjajahan oleh Belanda.

Salah satu pertempuran tersebut diabadikan dalam patung besar Pangeran Kornel menjabat tangan Jenderal Daendels di Sumedang .

Meskipun Wilayah ini juga menjadi saksi bisu penderitaan rakyat Maluku akibat semakin diperketatnya kebijakan monopoli perdagangan , Pelayaran Hongi, dan kerja paksa pada masa tersebut .

Salah satu contohnya adalah Lasminingrat, seorang pemimpin di Sumedang yang mendapatkan pendidikan dari sekolah BelKamu. Selain pendidikan, Belanda juga membangun infrastruktur di Sumedang seperti jalan raya dan jembatan untuk memudahkan transportasi barang serta aktivitas perdagangan.

1 Komentar