Bidang Tugas Data Entry, Apa saja?

Bidang Tugas Data Entry, Apa saja?
Bidang Tugas Data Entry, Apa saja?
0 Komentar

sumedangekspres – Data entry adalah pekerjaan administratif yang melibatkan pengetikan dan penginputan data ke perangkat lunak komputer.

Saat ini pekerjaan data entry dapat dilakukan secara online, atau yang sering di sebut oleh freelancer. Sehingga belakangan ini freelancer data entry menjadi populer.

Data entry sangat dibutuhkan oleh perusahan untuk membantu dalam proses informasi akan dibutuhkan seorang data entry yang merupakan jenis pekerjaan administrasi.

Baca Juga:Cara Menjadi Freelancer Data Entry, Berikut Penjelasannya!Apa Itu Freelancer Data Entry? Pengertian, Tugas dan Perannya

Informasi tersebut dapat kita ambil dari berbagai sumber seperti formulir, non dokumen, dan rekaman suara.

Yang maan informasi tersebut akan di input melalui sistem komputer dan memastikan data tersebut tersimpan secara akurat dan juga efisien.

Dalam pekerjaannya data entry ini perusahaan memperbolehkan mengerjakannya di kantor atau ada juga yang memperbolehkannya kerja secara remote.

Yang sering disebut sebagai freelance, pekerjaan ini memungkinkan mereka bekerja dari rumah. Dan dapat mengerjakannya dimana saja.

Yang masih penasaran apa saja tugas dari data entry ini yaitu adalah berikut.

1. Pada umumnya data entry menjadi bagian dari pekerjaan administrator lewat pengambilan data dari formulir, rekaman suara, maupun sumber data lain kemudian bertanggung jawab untuk memproses informasi tersebut.

2. Setelah itu data akan dimasukkan ke dalam sistem komputer dan harus memastikan data tersebut dimasukan dengan akurat. Berikut tugas data entry:

Baca Juga:Situs Online Terbaik Kursus Mengetik 10 Jari Khusus untuk Data Entry!Perbedaan Data Entry dan Admin, Apa Saja?

3. Mengumpulkan Informasi Data dan Memasukkannya ke Dalam Database, etelah mengumpulkan informasi dari beragam sumber yang kemudian memasukannya ke dalam database.

4. Memastikan Akurasi Data, saat kita memasukan informasi tidak hanya sekedar mengetik saja, namun juga harus memerlukan ketelitian dalam pengecekan informasi tersebut sudah benar dan sesuai dengan sumbernya.

5. Memperbarui Database Jika Diperlukan, selain itu seorang data entry juga bertugas untuk bertanggung jawab untuk mengenali data yang perlu dilakukan pembaruan atau di revisi.

6. Melakukan Backup Informasi Secara Rutin, contoh tugas data entry yaitu menjaga berbagai data penting perusahaan dengan mem-backup semua data yang sudah dimasukkan ke media lain.

0 Komentar