Margamekar Prioritaskan Penurunan Stunting

OPTIMIS : Kepala Desa Margamekar Elin Herliana AMd., saat ditemui Sumeks, mengatakan pihaknya terus berupaya dalam mengalakan program penurunan angka stunting di masyarakatnya.
OPTIMIS : Kepala Desa Margamekar Elin Herliana AMd., saat ditemui Sumeks, mengatakan pihaknya terus berupaya dalam mengalakan program penurunan angka stunting di masyarakatnya. (Achmad/Sumeks)
0 Komentar

sumedangekspres, Kota – Desa Margamekar Kecamatan Sumedang Selatan, terus berupaya dalam mengalakan program penurunan angka stunting di masyarakatnya. Hal ini dalam rangka mendukung program Pemerintah Daerah (Pemda) Sumedang.

Seperti yang disampaikan Kepala  Desa Margamekar Elin Herliana AMd, kepada Sumeks baru-baru ini. Dikatakannya  penanganan stunting  di desa perlu diprioritaskan, terkait dengan hal tersebut Pemerintah Desa akan berupaya sekuat tenaga, untuk mendukung program Pemda Sumedang dalam menurunkan angka stunting.

“Untuk menurunkan angka stunting di desa kami Margamekar, kami giatkan para kader dan tenaga kesehatan pada beberapa program, seperti program Pemberian Makanan Tambahan (PMT). Berupa telur sehari dua butir kepada Anak stunting selama seminggu, kemudian program pemeriksaan balita, pemeriksaan ibu hamil, program penyuluhan pada posyandu remaja calon pengantin. Serta program pendampingan kepada orang tua yang memiliki anak stunting,” jelasnya.

Baca Juga:Bina Ramadan di SMPN 4 SumedangRekomendasi Menu Buka Puasa Dengan Sayuran dan Nasi Goreng Spesial

Program tersebut lanjut Elin, masih terus berjalan yang dilakukan oleh tenaga kesehatan para Kader dan Bidan Desa. Hal ini untuk memonitoring perkembangan penurunan angka stunting di lingkup masyarakat Desa Margamekar, yang mana kegiatan tersebut laksanakan di masing-masing Posyandu.

“Alhamdulillah untuk tahun ini khususnya di desa kami Margamekar, angka stunting mengalami penurunan yang signifikan. Semula tercatat 22 orang anak yang mengalami stunting, tahun ini menurun menjadi 20 orang anak. Data ini didapat dari hasil validasi pengukuran penimbangan, yang dilakukan oleh tenaga medis dari Puskesmas Sumedang Selatan yang dibantu oleh para kader Posyandu dan Bidan Desa yang ada di Desa Margamekar,” kata Elin.

Elin berharap depannya program penurunan angka stunting ini bisa berjalan dengan lancar. Sehingga tidak ada bayi-bayi atau anak balita yang mengalami stunting, khususnya di Desa Margamekar. Umumnya di kecamatan Sumedang Selatan dan Kabupaten Sumedang. (ahm)

0 Komentar