Unpad Raih “Provisionally Accredited” dari IABEE pada Prodi Keteknikan FMIPA

Unpad Raih “Provisionally Accredited” dari IABEE pada Prodi Keteknikan FMIPA
Unpad Raih “Provisionally Accredited” dari IABEE pada Prodi Keteknikan FMIPA (Istimewa/Universitas Padjadjaran)
0 Komentar

sumedangekspres – Unpad Raih “Provisionally Accredited” dari IABEE pada Prodi Keteknikan FMIPA. Kabar membanggakan dari Universitas Padjadjaran yang baru saja meraih penghargaan oleh dua program studi Fakultas MIPA yang berhasil memperoleh Provisionally Accredited dari lembaga akreditasi internasional bidang keteknikan “Indonesia Accreditation Board for Engineering Education” atau “IABEE” yang berbasis di Indonesia.

Dua prodi tersebut merupakan prodi keteknikan di FMIPA Unpad, yaitu: Teknik Informatika dan Teknik Elektro.

Perolehan Provisionally Accredited ini merupakan kali pertama bagi kedua prodi tersebut.

Baca Juga:Tips Aman Pakai Retinol Saat Cuaca PanasMitos Skincare Mengandung Retinol Harus Disimpan di Lemari Es

Dekan FMIPA Unpad Prof. Dr. Iman Rahayu, M.Si., mengatakan, Provisionally Accredited (PA) merupakan salah satu skema atau tahap yang ada di IABEE.

Tahap selanjutnya adalah General Accredited (GA). Pada tahap GA, prodi akan memperoleh akreditasi yang diakui internasional.

“Saat keluar sertifikat PA ada beberapa evaluasi yang perlu diperbaiki. Setelah diperbaiki kita bisa mengajukan kembali untuk tahap GA yang ditargetkan tahun ini,” ujar Prof. Iman saat diwawancarai Kanal Media Unpad.

Proses untuk mendapatkan sertifikat PA sendiri sudah dilakukan FMIPA sejak 2022 lalu. Dimulai dengan mempersiapkan kurikulum berbasis Outcome Based Education (OBE) yang sesuai standar IABEE, menyusun dokumen yang diperlukan. Unpad Raih “Provisionally Accredited” dari IABEE pada Prodi Keteknikan FMIPA.

Setelah itu, IABEE akan melakukan penilaian berdasarkan dokumen serta melakukan kunjungan langsung ke kampus.

“Seandainya nanti kita lolos di GA dan dilakukan kunjungan kembali, maka dua prodi itu akan memperoleh GA yang berarti akreditasinya diakui internasional,” ujarnya.

Lebih lanjut Prof. Iman menjelaskan, kendati lembaga akreditasi ini berada di Indonesia, IABEE sudah mendapatkan pengakuan internasional dari Washington Accord sebagai lembaga akreditasi kredibel. Selain itu, lembaga ini juga sudah menjadi rujukan Ditjen DIkti untuk proses akreditasi internasional prodi keteknikan.

Baca Juga:Bisakah Retinol dan Vitamin C dipakai Bersamaan? Harusnya Begini!Jadi Tuan Rumah TIMPI 2023 Fapet UNPAD Siap

Karena itu, perolehan PA dari IABEE ini merupakan upaya untuk memperkuat internasionalisasi, baik di lingkungan FMIPA maupun Unpad. Sebelumnya, FMIPA berhasil mendapatkan akreditasi internasional dari “Royal Society of Chemistry” untuk program Sarjana Kimia.

0 Komentar