Bisakah Retinol dan Vitamin C dipakai Bersamaan? Harusnya Begini!

Bisakah Retinol dan Vitamin C dipakai Bersamaan? Harusnya Begini!
Bisakah Retinol dan Vitamin C dipakai Bersamaan? Harusnya Begini! (Istimewa/BaoThanhNien)
0 Komentar

sumedangekspres – Bisakah Retinol dan Vitamin C dipakai Bersamaan? Harusnya Begini! Penggunaan skincare memang berfungsi untuk merawat berbagai jenis masalah kulit wajah. Namun, penggunaan skincare harus dipakai sesuai fungsi dan aturannya agar tidak merusak bagian kulit.

Kandungan-kandungan yang ada di skincare harus jelas fungsi dan tujuannya untuk kulit wajah agar pemakaian yang sesuai bisa membantu berbagai masalah jenis kulit kamu.

Seperti pada pemakaian retinol dan vitamin c yang sama-sama berfungsi sebagai penyamar flek hitam pada wajah. Namun, boleh gak sih dipakai secara bersamaan? Simak penjelsannya ya.

Baca Juga:Jadi Tuan Rumah TIMPI 2023 Fapet UNPAD SiapDosen FISIP UNPAD Gelar Kajian Membangun Masyarakat Madani

Sebelum itu, perlu kamu ketahui bahwa retinol merupakan bahan turunan dari vitamin A yang sering ditemukan dalam produk kecantikan, terutama produk anti-aging.

Pasalnya, kandungan ini bisa memperbarui sel kulit, melindungi kolagen dengan melawan radikal bebas, dan melindungi lapisan terdalam kulit untuk mengurangi keriput, garis halus, serta meminimalisir tampilan pori-pori.

“Bukan hanya menyamarkan garis halus dan keriput, retinol juga bisa mengatasi hiperpigmentasi, jerawat, tekstur kulit, sirkulasi, dan meratakan warnanya,” jelas dermatolog Azadeh Shirazi, MD, dikutip dari Byrdie.

Di sisi lain, vitamin C merupakan antioksi dan kuat yang bisa melindungi kulit dengan cara menetralisir radikal bebas.

Sifat antioksidan yang dimiliki vitamin C juga bisa mempercepat proses regenerasi kulit, mencerahkan bintik hitam, meningkatkan kolagen, dan memperbaiki tekstur.

Bisakah Retinol dan Vitamin C dipakai Bersamaan?

Skincare yang mengandung retinol dan juga vitamin C sebenarnya boleh dipakai sebagai bagian dari rutinitas skincare kamu.

Bahkan menurut dr. Shirazi, kombinasi keduanya ini sangat efektif untuk mencegah muncul tanda penuaan.

Baca Juga:Guru Besar FEB UNPAD Kenalkan Process Mining, Teknologi Terbaru Proses BisnisMahasiswa UNPAD Raih Gelar Duta Inspiratif Jabar 2023

Hanya saja, kamu harus lebih bijak dalam menggunakan skincare yang mengandung retinol dan vitamin C.

Untuk mencegah risiko terjadinya iritasi, dr. Shirazi tidak menyarankan kamu untuk menumpuk kedua produk ini secara bersamaan.

Ia menyarankan agar kamu menggunakannya secara terpisah, yakni vitamin C di pagi hari dan retinol di malam hari.

0 Komentar