Guru Besar FEB UNPAD Kenalkan Process Mining, Teknologi Terbaru Proses Bisnis

Guru Besar FEB UNPAD Kenalkan Process Mining, Teknologi Terbaru Proses Bisnis
Guru Besar FEB UNPAD Kenalkan Process Mining, Teknologi Terbaru Proses Bisnis (Istimewa/Universitas Padjadjaran)
0 Komentar

sumedangekspres – Guru Besar FEB UNPAD Kenalkan Process Mining, Teknologi Terbaru Proses Bisnis. Process Mining untuk teknologi terbaru dalam proses bisinis telah dibahas oleh Guru Besar Universitas Padjadjaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prof. Dr.rer.pol. Hamzah Ritchi, CA., yang menyebutkan bahwa process mining menjadi salah satu teknologi baru dalam menjembatani bagaimana suatu organisasi bisa bercermin dari data yang sudah dilakukan tanpa mengacu panduan atau SOP.

“Process mining merupakan disiplin riset baru untuk menemukan, memantau, dan menyempurnakan proses yang sesungguhnya,” kata Prof. Ritchi selaku Guru Bsar FEB Unpad saat menjadi pembicara pada diskusi Satu Jam Berbincang Ilmu “Process Mining: Saat Proses Bertemu Data” yang digelar Dewan Profesor Unpad secara daring, Sabtu (1/4/2023).

Prof. Ritchi memaparkan, selama ini evaluasi proses bisnis hanya didasarkan atas kesesuaian proses dengan standar atau peraturan yang ditetapkan.

Baca Juga:Mahasiswa UNPAD Raih Gelar Duta Inspiratif Jabar 2023UNPAD Bekerja Sama dengan MarkPlus Institute dan Lokatekno Perkuat Program MOOC

Padahal, pengetahuan berorganisasi seyogianya perlu berorientasi data tentang proses yang dijalankan. Karena berorientasi data, organisasi diharapkan dapat menghasilkan kesimpulan yang gesit dan mampu merespons berbagai kondisi yang ada.

Hal tersebut kemudian mendorong organisasi membutuhkan data yang bisa diakses secara berkala.

Dukungan infrastruktur digital saat ini dinilai tidak akan susah untuk mengakses data.

Process mining akan berperan mengolah data berdasarkan beragam pertanyaan seputar manajemen organisasi, seperti process discovery, conformance checking, performance analysis, variance analysis, process prediction, dan process improvement.

Pertanyaan ini akan mengarah pada sejauh mana organisasi mampu mencapai operational excellence.

Lebih lanjut Prof. Ritchi mengatakan, process mining dapat diterapkan di berbagai sektor bisnis. Mulai dari logistik, perbankan, kesehatan, hingga di sektor akuntansi dan asuransi.

Proses ini menawarkan sebuah peluang yang tidak terlalu optimal jika hanya mengandalkan desain proses bisnis berdasarkan keterlibatan manusia atau otomatisasi proses oleh manusia.

Baca Juga:Pakar UNPAD Bahas Gempa Bumi atas Kejadian Gempa CianjurUrgensi Transformasi Digital pada Layanan Kesehatan dibahas MM UNPAD dan Bio Farma

Dengan demikian, ada transparansi proses bisnis dari berbagai perspektif sumber daya yang terlibat.

0 Komentar