Mekarjaya Fokus Pada Agrowisata

TEGAS : Kepala Desa Mekarjaya Dr Awandi Nopian S MPd., Prioritaskan Program  Agrowisata Desa.
TEGAS : Kepala Desa Mekarjaya Dr Awandi Nopian S MPd., Prioritaskan Program  Agrowisata Desa. (Achmad/Sumeks)
0 Komentar

sumedangekspres, Kota – Realisasi pengalokasian Dana Desa Tahaf I untuk Desa Mekarjaya Kecamatan Sumedang Utara dibidang infeastruktur. Difokuskan pada pengembangan Agrowisata Desa yang berlokasi di Batarai.

Hal ini disampaikan, Kepala Desa Mekarjaya Dr Awandi Nopyan S MPd.kepada Sumeks baru-baru ini.

Dikatakan, untuk anggaran DD tahap satu dikhususnya di Desa Mekarjaya yang dialokasikan pada empat program kegiatan.

Baca Juga:Bina Ramadan SMPN 8 SumedangCara Mengembalikan Akun Instagram Yang Lupa Semuanya Dengan Mudah, Tanpa Membayar Jasa Buka Akun!

“Pertama pada program Destinasi Agrowisata, kedua pada program penyaluran insentif, yaitu insentif Para Kader, para Guru ngaji dan Guri Paud, ” kata Dr Awandi.

Ia menjturkan, ketiga pada program ketahanan pangan Teras hijau dalam mendukung program Bupati. Ke empat penyaluran BLT DD pada 32 Keluarga Penerina Manfaat ( KPM).

“Semua program kegiatan di Desa Mekarjaya itu dalam rangka meningkatkan kualitas manusianya. Baik dari segi ekonomi dan sumber daya manusianya, makanya kita prioritaskan untuk mengembangkan Agrowisata Desa,” ujarnya.

Dan ini, lanjut Dr Awandi, suatu upaya dengan adanya wisata diharapkan nanti memiliki Pendapatan Asli Desa (PADes), untuk meningkatkan kesejahteraan  masyarakat. Pada umumnya wisata itu hanya untuk dilihat dan bermain saja, untuk agrowisata pihaknya akan melakukan edukasi terlebih dahulu.

“Ada edukasi pembelajarannya baik  bagi masyarakat, ataupun yang berkunjung, dan juga  ada perputaran ekonomi. Karena yang berkunjung ke sana bisa langsung membeli sayuran, buah-buahan serta umbi-umbian, yang langsung dimasak di lokasi. Diharapkan dua tahun program agrowisata ini bisa selesai,” ucapnya.

Dia mengarakan untuk pembangunan infrastrukturnya bisa terukur, kalau ada anggaran dananya. Dengan mengubah kebiasaan masyarakat, untuk menggarap tanaman- tanaman di lokasi Agrowisata yang bernilai estetika, dan indah dilihat.

“Selain itu mengubah kebiasan dari polatanam masyarakat itu yang perlu waktu untuk pembelajaran. Jadi itu tidak mudah kita perlu waktu, perlu proses, dan juga kesabaran,” ungkap Dr Awandi.

Baca Juga:Resep Bakwan Sayur Renyah Sederhana, Rekomendasi Resep Makanan RumahanResep Bakwan Sayur Renyah, Cocok Untuk Menu Buka Puasa, Ramadan 1444 Hijriah

Awardi mengatakan, Agrowisata ini pikahnya prioritaskan untuk meningkatkan PADes, serta meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Mekarjaya pada Umumnya. (ahm)

0 Komentar