Cara Mengatasi Dampak Negatif Globalisasi, Cintai Produk dalam Negeri!

Cara Mengatasi Dampak Negatif Globalisasi, Cintai Produk dalam Negeri!
(Ilustrasi/Pinterest)
0 Komentar

sumedangekspres – Globalisasi merupakan kata serapan dari kata globalisasi. Secara bahasa, global berarti mendunia, sedangkan igo berarti proses. Simak Cara Mengatasi Dampak Negatifnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), globalisasi berarti membawa informasi, ide, cara hidup dan teknologi ke dunia.

Globalisasi menyebabkan perubahan nilai dan sikap terhadap budaya, mengubah nilai irasional menjadi rasional.

Baca Juga:Lirik Lagu En Garde Boys Planet – Hui Gunwook Kyuvin Junhyeon Seungwan HirotoPrediksi Ranking Misi Artist Battle Boys Planet Episode 10 dan Daftar Ranking Sementara

Ini juga membantu meningkatkan pembelajaran tentang nilai-nilai sosial budaya, gaya hidup, pemikiran yang baik, ilmu pengetahuan dan teknologi dari negara-negara lain yang lebih maju.

Hal ini juga dukung oleh beberapa faktor seperti perkembangan teknologi, transportasi, ilmu pengetahuan, telekomunikasi dll. yang kemudian mempengaruhi perubahan di berbagai departemen kehidupan sosial.

Cara mengatasi dampak negatif globalisasi bisa kita mulai dari diri sendiri lho.

Cara Mengatasi Dampak Negatif Globalisasi

1. Mencintai Produk dalam Negeri

Mencintai dan menggunakan produk lokal dapat menghindari gaya hidup atau budaya negara lain yang tidak berarti. Salah satu cara menghargai nya dengan membeli produk lokal dalam negeri sdehingga dapat membantu UMKM.

2. Mengutamakan kemajuan ekonomi

Sisi keuangan paling penting jika Anda menginginkan staf yang berkualitas. Hal ini juga berguna untuk mencegah meningkatnya tingkat pengangguran, kenaikan harga barang, konflik dalam masyarakat agar bisa mengatasi pengaruh negatif.

3. Memahami dan Mengamalkan Nilai-Nilai Pancasila

Pancasila adalah dasar dan ideologi negara. Selain itu, Pancasila juga mengandung nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.

Agar nilai-nilai tersebut tidak hilang melalui globalisasi, kita harus memahami dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila Pancasila.

4. Melestarikan Kebudayaan dan Tradisi

Baca Juga:Kapan dan Jam Berapa Tayang Boys Planet Episode 10? Jadwal Boys Planet Episode 10: Misi Artist BattleLirik Lagu Switch Boys Planet Lengkap dengan Terjemahan – Park Hanbin, Keita, Kamden, Taerae, Jongwoo, Shuaibo

Budaya sendiri adalah suatu gaya hidup yang berkembang dalam suatu kelompok atau masyarakat dan diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi berikutnya.

Melestarikan budaya adalah tugas kita sebagai generasi penerus. Namun akibat pengaruh negatif globalisasi, minat generasi muda terhadap budayanya sendiri semakin berkurang. Hal ini dipengaruhi oleh masuknya budaya asing yang menurunkan minat untuk melestarikan budaya sendiri.

Oleh karena itu, diperlukan kesadaran untuk mencintai dan melestarikan budaya dan tradisi yang diwariskan secara turun-temurun dari generasi sebelumnya.

0 Komentar