Stanford University Rilis Laporan Artificial Intellegence, Sorot Kurikulum Berbagai Negara

Stanford University Rilis Laporan Artificial Intellegence, Sorot Kurikulum Berbagai Negara
Stanford University Rilis Laporan Artificial Intellegence, Sorot Kurikulum Berbagai Negara (Istimewa/towardscience.com)
0 Komentar

sumedangekspres – Stanford University Rilis Laporan Artificial Intellegence, Sorot Kurikulum Berbagai Negara. Stanford University adalah salah satu universitas terbaik dunia. Dimana semua mahasiswa yang berkuliah disana merupakan mahasiswa pilihan yang terbaik.

Tidak hanya dengan kampus yang mumpuni, namun berbagai teknologi dan ilmu baru ada di Stanford University.

Stanford University merilis AI Index Annual Report 2023, yaitu laporan tahunan mengenai perkembangan Artificial Intelligence (AI) di berbagai sektor, pada 3 April 2023. Salah satu sektor yang dianalisis adalah sektor pendidikan, khususnya kategori K-12 atau pendidikan dari jenjang taman kanak-kanak (TK) hingga kelas 12.

Baca Juga:Beberapa Produk yang Bisa Membentuk AlisAtasi Jerawat dengan Suncreen Azarine SPF 35 PA+++

Menurut laporan, pendidikan AI mulai dianut di tingkat K-12 karena teknologi AI semakin tersebar luas. Komite laporan ini menganalisis data dari laporan terbaru UNESCO tentang perkembangan internasional kurikulum AI di tingkat K-12.

Ketertarikan pada pendidikan AI tingkat K-12 dan pendidikan ilmu komputer dilaporkan semakin bertambah di Amerika Serikat dan seluruh dunia.

Pada 2021, sebanyak 181.040 ujian ilmu komputer Advanced Placement (AP) diambil oleh siswa AS, meningkat 1,0 persen dari tahun sebelumnya. Sejak 2007, jumlah ujian ilmu komputer AP telah meningkat sembilan kali lipat. Pada 2021, 11 negara termasuk Belgia, Cina, dan Korea Selatan telah secara resmi mendukung dan menerapkan kurikulum K–12 AI.

Data dari laporan UNESCO pada 2022 menunjukkan daftar negara yang telah mengimplementasikan kurikulum AI di berbagai tingkat pendidikan. Sebagai contoh, Jerman dan Bulgaria sedang dalam proses mengembangkan standar kurikulum AI yang didukung pemerintah di tingkat sekolah dasar, menengah, dan atas. Sementara, pemerintah Cina dan Qatar telah mendukung dan menerapkan standar di tiga tingkat yang sama. Stanford University Rilis Laporan Artificial Intellegence, Sorot Kurikulum Berbagai Negara

Laporan Stanford mengidentifikasi bidang topik yang paling ditekankan dalam kurikulum K–12 AI. Empat topik yang paling banyak mendapat alokasi waktu adalah algoritme dan pemrograman (18 persen), teknologi AI (14 persen), literasi data (12 persen), dan penerapan AI ke domain lain (12 persen).

Gambaran Kurikulum AI
Laporan UNESCO mengandung informasi mendetail tentang contoh kurikulum AI yang digunakan di Austria, yaitu kurikulum Austrian Data Science and Artificial Intelligence.

0 Komentar