Sejarah Kerajaan Kediri

Sejarah Kerajaan Kediri
Sejarah Kerajaan Kediri
0 Komentar

sumedangekspres – Sejarah Kerajaan Kediri adalah salah satu kerajaan Hindu-Buddha yang pernah berdiri di Indonesia pada abad ke-11 hingga ke-13.

Tujuan utama dari berdirinya Kerajaan Kediri adalah untuk memperluas pengaruh kekuasaan dan mencapai kejayaan di bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya.

Berdasarkan sejarahnya, Kerajaan Kediri didirikan pada masa pemerintahan Raja Airlangga yang memerintah dari tahun 1019-1042 Masehi.

Baca Juga:Sejarah Kerajaan BaliSejarah Kerajaan Kutai Kartanegara

Pada awal berdirinya, Kerajaan Kediri berhasil memperoleh kejayaan di bidang politik dan ekonomi, terutama dalam perdagangan yang melibatkan kerajaan-kerajaan di Asia Tenggara.

Puncak kejayaan Kerajaan Kediri terjadi pada masa pemerintahan Raja Jayabhaya pada abad ke-12, di mana kerajaan ini mencapai kekuasaan yang sangat luas dan mampu menaklukkan benteng kekuasaan Sriwijaya di Sumatera.

Meski kemudian mengalami keruntuhan pada abad ke-13, namun warisan sejarah dan kebudayaan Kerajaan Kediri masih terjaga hingga saat ini.

Sejarah Kediri Pra-Kerajaan

Sejarah Kediri Pra-Kerajaan mencakup zaman sebelum berdirinya Kerajaan Kediri. Masa ini ditandai dengan keberadaan berbagai kerajaan kecil di wilayah yang kini disebut Kediri.

Bukti-bukti keberadaan kerajaan-kerajaan pra-sejarah ini dapat ditemukan dari peninggalan arkeologis seperti artifak-artifak, prasasti, dan catatan-catatan sejarah.

Di antara kerajaan-kerajaan tersebut adalah Kerajaan Medang, Kerajaan Galuh, dan Kerajaan Mataram Kuno. Kerajaan Medang, yang berpusat di Jawa Tengah, disebut-sebut sebagai kerajaan yang paling berpengaruh pada masanya.

Setelah masa pra-kerajaan, Kerajaan Kediri didirikan pada abad ke-11 oleh Raja Airlangga, putra dari Raja Udayana dari Bali. Kerajaan Kediri kemudian mencapai masa kejayaannya pada abad ke-12 di bawah pemerintahan Raja Jayabaya, sebelum akhirnya mengalami keruntuhan pada abad ke-14 akibat serangan dari Kerajaan Majapahit dan wabah penyakit.

Baca Juga:Sejarah Kerajaan SriwijayaSejarah Batalyon Andjing Nica, asal Kata kasar anjing

Selain itu, terdapat pula candi-candi peninggalan Kerajaan Kediri, seperti Candi Penataran, yang menjadi bukti keberadaan peradaban kuno di daerah tersebut.

0 Komentar