Manfaat Memakan Udang Laut Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Memakan Udang Laut Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Memakan Udang Laut Bagi Kesehatan Tubuh (Istimewa/Freepik)
0 Komentar

sumedangekspres – Berikut Manfaat Memakan Udang Laut Bagi Kesehatan Tubuh.

Udang merupakan salah satu jenis seafood yang sangat populer di seluruh dunia. Kepopulerannya tidak lepas dari rasa gurihnya dan teksturnya yang lezat.

Selain itu, udang juga kaya akan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti yodium dan antioksidan. Yodium merupakan nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan kelenjar tiroid, yang berperan dalam mengatur metabolisme tubuh.

Sementara itu, antioksidan dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan penyakit seperti kanker dan penyakit jantung.

Baca Juga:Resep Nasi Goreng Jaman Dulu, Mengobati Rasa Rindu Masakan NenekSinopsis Film Eternal 2021, Super Hero Yang Berhasil Mencegah Kehancuran Dunia?

Manfaat pertama adalah, mengonsumsi udang dapat menjadi alternatif yang baik sebagai sumber protein rendah kalori dan lemak. Sebagai sumber protein, udang memiliki kandungan asam amino esensial yang sangat tinggi.

Asam amino esensial adalah zat penting yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh dan harus didapatkan melalui makanan yang kita konsumsi. Dalam satu porsi udang, terdapat sekitar 20 gram protein dan hanya mengandung sekitar 80-90 kalori dan 1-2 gram lemak.

2. Sumber Antioksidan

Warna merah pada udang sebenarnya berasal dari senyawa astaxanthin, yaitu senyawa pigmen alami yang ditemukan pada makanan laut, termasuk pada udang.

Senyawa ini diproduksi oleh alga yang menjadi makanan bagi udang, sehingga menjadi sumber astaxanthin pada hewan ini.

Astaxanthin memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang kuat, sehingga dapat membantu mengurangi risiko beberapa penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

Selain itu, astaxanthin juga bermanfaat bagi kesehatan kulit, karena mampu meningkatkan produksi kolagen dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

Nah itulah informasi seputar Manfaat Memakan Udang Laut Bagi Kesehatan Tubuh.

0 Komentar