Asal Usul Nama Kumbang Badak!

Asal usul nama Kumbang Badak
Asal usul nama Kumbang Badak(freepik)
0 Komentar

sumedangekspres– Asal usul nama Kumbang Badak, dari namanya saja sudah bisa dibayangkan kumbang yang kecil dipadukan dengan badak yang besar. Pantas saja banyak yang menyebut kumbang ini dengan sebutan kumbang Hercules, alias si kuat.

Padahal manusia saja hanya mamapu mengangkat sekitar 10 hingga 20 kali berat badannya, dan juga gajah afrika yang memiliki tubuh sebesar itu hanya mampu mengangkat beban 25% dari berat tubuhnya. Wah sangat istimewa sekali ya, kumbang ini!

Asal-usul Nama Kumbang Badak
Kumbang ini diberi nama badak karena pada bagian kepala atau anteriornya terdapat tanduk seperti cula pada badak. cula ini terletak di bagian atas kepala dan menjulang ke atas.

Baca Juga:Hotel Kencana Jaya Sumedang, Desain Eksterior Elegan!Berikut Umpan Ikan Nila Liar Susah Makan…

Kumbang badak juga biasanya mengeluarkan suara mendesis ketika merasa terancam atau dalam keadaan berbahaya dan ketika tubuhnya diangkat.

Meskipun kumbang ini terlihat menyeramkan, Namun jangan salah, walauppun kemampuan seperti badak tapi hewan ini tidak berbahaya bagi manusia sehingga sering dipelihara dan dijadikan koleksi.

Habitat
Kumbang badak biasanya ditemukan hidup di daerah hutan hujan yang terdapat banyak batang pohon mati yang dapat dijadikan tempat tinggal dan sumber makanan mereka.

Kumbang jenis ini dapat dijumpai hampir diseluruh benua mulai dari Asiam, Australia, Amerika hingga Eropa. Di alam liar, predator alami dari kumbang badak ini meliputi kelelawar, tikus, burung dan rakun.

Makanan Favorit
Biasanya kumbang ini memakan apa saja yang mengandung cairan manis yang dapat dihisap. kumbang badak dewasa biasanya memakan pucuk tumbuhan kelapa, tebu, getah pohon serta buah-buahan manis sementara saat menjadi larva kumbang ini memakan kayu-kayu yang lapuk.

Karena suka sekali memakan pucuk kelapa, kumbang ini sering ditemukan di kebun-kebun kelapa, kelapa sawit dan tanaman palem lainnya. (Baca : Teknik Panen Kelapa Sawit)

Tak jarang kumbang ini dianggap sebagai hama mengganggu yang menyerang jenis-jenis tanaman tersebut. Hal ini karena, kumbang menggerek pucuk pohon kelapa sehingga mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan serta mampu mematikan tanaman tersebut.

Baca Juga:Berikut Adalah Makanan Kumbang….Catering pernikahan Bandung, Enak Tapi Murah!

Siklus Hidup
Dalam siklus hidupnya, kumbang ini mengalami metamorphosis sempurna, mulai dari telur, larva, kepompong kemudian dewasa (imago) dan beratahan didalam tanah.

0 Komentar