Kuliner dan Wisata Kabupaten Purwakarta Laris Manis, Perputaran Uang Capai Rp26 Miliar

Kuliner dan Wisata Kabupaten Purwakarta Laris Manis, Perputaran Uang Capai Rp26 Miliar
Kuliner dan Wisata Kabupaten Purwakarta Laris Manis, Perputaran Uang Capai Rp26 Miliar (ist/kolase)
0 Komentar

sumedangekspres – Siapa yang sangka kuliner dan wisata di Kabupaten Purwakarta sangat laris meskipun kabupaten tersebut dikenal dengan sebutan Kota Pensiunan karena suasananya yang jauh dari hiruk-pikuk kendaraan dan lalu-lalang manusia.

Libur Lebaran 2023 beberapa waktu yang lalu merupakan momen yang luar biasa, dimana perputaran uang dari kunjungan wisatawan mencapai 26,3 miliar.

Menurut beberapa sumber perputaran uang yang dibelanjakan wisatawan adalah kepada sektor wisata kuliner khas Kabupaten Purwakarta, Sate Maranggi.

Baca Juga:Sudah Menyentuh 1 Juta Penduduk, Ini 17 Peluang Usaha di Kabupaten PurwakartaPeluang Bisnis Makanan Ringan Kemasan di Purwakarta, Sebelum Mulai Simak Dulu Cara Menentukan Harga Jual Produknya

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika juga menyebutkan bahwa nilai perputaran uang itu adalah imbas dari peningkatan kunjungan wisatawan.

Peningkatan kunjungan wisatawan tersebut adalah bukti bahwa Kabupaten Purwakarta berada dalam jalur yang tepat dalam membangun sektor industri pariwisatanya.

Dengan demikian Anne bertekad untuk terus meningkatkan sektor pariwisata guna meningkatkan perekonomian masyarakat. Terkhusus bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal Kabupaten Purwakarta.

1. Kunjungan Paling Banyak ke Restoran Sate Maranggi

Berdasarkan data dari Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Purwakarta, kunjungan wisatawan saat Lebaran 2023 mencapai 263.253 orang. Mereka datang ke sejumlah destinasi wisata di Purwakarta dari wisata alam sampai kuliner.

Anne mengklaim kunjungan terbanyak memang masih ditempati restoran Sate Maranggi di Desa Cibungur Kecamatan Bungursari.

Destinasi ke restoran Sate Maranggi di Desa Cibungur Kecamatan Bungursari itu dikunjungi 68.781 wisatawan atau lebih dari 26 persen dari total wisatawan yang datang ke Purwakarta.

2. Perputaran Uang Sektor Pariwisata Cukup Besar

Jika dari setiap wisatawan membelanjakan Rp100 ribu saja selama berwisata ke Purwakarta, Anne memperkirakan perputaran uang sedikitnya mencapai Rp26,3 milyar. Nilai tersebut diakui cukup besar bagi para pelaku usaha lokal di daerahnya.

3. Taman Batu Cijanun dan Cikao Park diserbu wisatawan

Baca Juga:Hasil Kunker ke AS, Ridwan Kamil Bawa Beasiswa Pendidikan Teknologi “Blockchain” untuk Anak MudaKTT Ke-42 ASEAN 2023 INDONESIA: PM Timor-Leste Berterima Kasih Atas Dukungan Indonesia

Selain itu, Kepala Disporaparbud Purwakarta Mochamad Ramdhan menyebutkan tiga destinasi terfavorit selama libur Lebaran 2023. Selain restoran sate maranggi, wisatawan juga berbondong-bondong mengunjungi Taman Batu Cijanun hingga mencapai 29.636 wisatawan. Selanjutnya, ke Cikao Park dengan jumlah wisatawan 20.329 orang.

0 Komentar