Program Bumdesma Utama Sejahtera LKD Sumedang Utara

SEMANGAT: Pengelola Bumdesma Utama Sejahtera LKD (tengah), Direktur Utama Bumdesma Utama Sejahtera LKD Sapari Suntana (kiri), Direktur perguliran Epan Mostasa (Kanan) dan Direktur Unit Usaha Perdagangan dan Jasa (UPP) Deden.
SEMANGAT: Pengelola Bumdesma Utama Sejahtera LKD (tengah), Direktur Utama Bumdesma Utama Sejahtera LKD Sapari Suntana (kiri), Direktur perguliran Epan Mostasa (Kanan) dan Direktur Unit Usaha Perdagangan dan Jasa (UPP) Deden.
0 Komentar

KOTA – Perkembangan Bumdesma Utama Sejahtera LKD Kecamatan Sumedang Utara cukup pesat. Dimana dalam pengembangan usahanya pada beberapa bulan terakhir, sudah mulai merambah pada bidang usaha kredit  motor dan sepeda listrik.

Yang saat ini pemasarannya sedang di gaungkan Pemerintah Pusat. Seperti yang disampaikan Direktur Utama Bumdesma Utama Sejahtera LKD Kecamatan Sumedang Utara, Sapari Suntana kepada Sumeks, baru baru ini.

“Terkait dengan program kerja kami Bumdesma utama Sejahtera LKD Kecamatan Sumedang Utara, untuk program pokoknya masih tetap bergerak pada dua program bidang yang lama,” katanya.

Baca Juga:Dinkes Tetap Waspada, Meski WHO Cabut Status Kegawatdaruratan Covid-19KTT Ke-42 ASEAN 2023 INDONESIA:Hari Presiden RI Pimpin Lima Pertemuan Pertama KTT ke-42 ASEAN 2023 Hari Ini

Yaitu di dua bidang pinjaman perguliran Usaha Ekonomi Produktif (UEP) dan Simpan Pinjam Khusus Perempuan (SPP). Yang masih tetap berjalan khusus bagi masyarakat di Kecamatan  Sumedang Utara, yang notabene masyarakat di 10 desa dan tiga kelurahan,” imbuhnya.

“Dua Program Pinjaman Bergulir yaitu UEP dan SPP ini, bertujuan untuk membantu peningkatan perekonomian masyarakat,” tambah Sapari.

Ia mengatakan, pengembangan usaha seperti yang tertuang dalam aturan PP nomor 11 tahun 2021, bahwa untuk Badan Usaha yang sudah dinamakan dengan Bumdesma, bisa mengembangkan usahanya dengan jenis usaha lain.

Kebetulan, lanjut Sapri, di Bumdesma Utama Sejarah LKD, pada empat bulan terakhir ini sudah mulai mengembangkan sayap dalam usaha unit lain. Yaitu pada perkreditan yang bergerak di bidang perkreditan barang, bagi masyarakat yaitu kredit motor dan sepeda listrik.

“Alhamdulillah peminat kredit motor dan sepeda listrik di Kabupaten Sumedang cukup lumayan. Karena wilayah cangkupan kami cukup luas. Tidak hanya untuk wilayah Kecamatan Sumedang Utara saja, melainkan mencakup semua Kecamatan di Kabupaten Sumedang,” katanya.

Adapun untuk persyaratan pengambilan Kredit Motor listrik dan Sepeda listrik, kajian-kajianya sama sesuai dengan perbankan yang lainya. Khususnya dalam hal verifikasi atau uji kelayakan calon kreditur dan yang paling utama, yaitu disurvey lansung ke rumah calon kreditur atau  pemanfaat tersebut.

“Survey dilakukan untuk melihat kondisi usahanya di bidang apa. Yang akhirnya dievaluasi oleh kami untuk layak dan tidaknya dalam mendapatkan pinjaman kredit motor listrik tersebut,” ucapnya.

0 Komentar