10 Jenis Burung Nuri yang Dilindungi 2023

10 Jenis Burung Nuri yang Dilindungi 2023
10 Jenis Burung Nuri yang Dilindungi 2023 (Istimewa/IlmuPertanianIndonesia)
0 Komentar

Jardine merupakan jenis nuri yang memiliki bulu berwana hijau seperti kebanyakan nuri. Bagian kepala hingga dada memiliki warna hijau yang lebih muda. Bagian punggungnya, ekor, serta sayap terdapat bercak berwarna hitam.

Nama lain dari nuri ini adalah nuri jambul merah karena mereka memiliki bulu berwarna orange kemerahan dibagian dahinya.

Jenis yang satu ini juga berasal dari benua Afrika, tepatnya di daerah Liberia, Kongo, Tanzania, Kenya, Ghana dan beberapa daerah lainnya yang berhutan.

Baca Juga:Tips Merawat Burung Parkit Agar Kicauan LantangJenis-jenis Burung Parkit dan Harga Terbaik 2023

Ukuran mereka sekitar 11 inci atau sekitar 28 cm membuatnya digolongkan sebagai burung berukuran sedang.

Berhubung mereka sangat aktif dan berukuran agak besar maka kandang dengan ukuran besar adalah pilihan yang tepat.

Jardine bisa dijadikan peliharaan karena mereka sangat mudah bersosialisasi dengan manusia. Bisa menirukan suara, bernyanyi, dan tidak bisa diam. Umur mereka bertahan hingga 30 bahkan 60 tahun lamanya.

4. Meyer

Termasuk jenis nuri berukuran kecil dengan panjang tubuh sekitar 8 – 9 inci. Mereka juga berasal dari dataran Afrika dengan bulu berwarna coklat dan hijau.

Usia hidupnya hingga 20 tahun lamanya tergantung kondisi si burung. Meyer senang berinteraksi baik dengan manusia maupun sesama nuri.

5. Nuri Perut Merah

Burung ini memiliki nama lain nuri kabare. Ukurannya sekitar 46 cm menjadikan burung ini termasuk burung nuri ukuran besar.

Warna bulu dan paruh mereka hitam dengan corak merah pada bagian perutnya. Dari belakang burung ini sekilas mirip gagak dengan tubuh tegap leher panjang dengan kepala yang kecil.

Baca Juga:Referensi Ide Kreatif Kemasan Makanan Ringan Untuk KamuRekomendasi Kemasan Makanan Ramah Lingkungan

Suara kicaunya parau dan tidak berirama, namun sangat lantang. Mereka hidup di hutan perbukitan maupun kaki gunung.

Tidak semua jenis nuri dapat hidup dengan liar, ada pula beberapa jenis yang memang dilindungi oleh pemerintah.

Langkah ini dilakukan agar populasi nuri tersebut tetap terjaga, sebab pada umumnya nuri yang dilindungi adalah yang rentan dengan kepunahan.

0 Komentar