10 Jenis Burung Nuri yang Dilindungi 2023

10 Jenis Burung Nuri yang Dilindungi 2023
10 Jenis Burung Nuri yang Dilindungi 2023 (Istimewa/IlmuPertanianIndonesia)
0 Komentar

sumedangekspres – 10 Jenis Burung Nuri yang Dilindungi 2023. Burung nuri merupakan jenis burung yang dilindungi di Indonesia. Burung nuri juga merupakan burung yang sangat langka, warna dan bulu yang khas juga menjadi keistimewaan yang dimiliki burung nuri.

Banyak orang yang mememlihara salah satu jenis burung ini, makanannya juga tidak sulit melaikan biji-bijian saja. Ada beberapa jenis burung nuri yang bisa dipelihara dan dilindungi.

Berikut ini 10 jenis burung nuri yang dilindungi, yuk simak dibawah ini!

Baca Juga:Tips Merawat Burung Parkit Agar Kicauan LantangJenis-jenis Burung Parkit dan Harga Terbaik 2023

Mereka berasal dari daerah Afrika dari keluarga poicephalus. Termasuk jenis nuri yang banyak diperdagangkan sebagai hewan peliharaan.

Warna bulunya seperti kebanyakan nuri, yaitu hijau namun dengan warna coklat dibagian kepalanya.

Jenis ini bisa bertahan hidup hingga 25 – 30 tahun lamanya dengan ukuran tubuh mereka yang hanya 9 inci dan berat sekitar 5 ons. Habitat asal nuri kepala coklat adalah padang sabana atau di pinggiran sungai.

Banyak nuri-nuri liar jenis ini yang diperdagangkan secara ilegal di negara asalnya. Padahal jenis ini sudah banyak dikembangbiakkan sehingga tidak perlu mengambil dari alam liar.

Digolongkan sebagai burung berukuran kecil. Meskipun kecil mereka sangat lincah dan suka bermain dan bisa dilatih untuk mengikuti suara tertentu.

2. Burung Nuri Cokelat

Jenis ini merupakan burung paruh bengkok yang dapt dijumpai di Papua selain nuri kepala hitam yang juga khas tanah Papua.

Memiliki panjang sekitar 31 cm dengan berat antara 200 – 230 gram. Paruh nuri jenis ini berwarna hitam, mereka termasuk burung ukuran besar.

Baca Juga:Referensi Ide Kreatif Kemasan Makanan Ringan Untuk KamuRekomendasi Kemasan Makanan Ramah Lingkungan

Bulu nuri ini berwarna coklat gelap dengan corak warna kuning di beberapa bagian. Mereka hidup secara berpasangan maupun dalam kawanan di daerah hutan sekunder.

Nuri coklat sering terbang melintasi tepi hutan maupun area terbuka. Di habitat aslinya mereka memakan nektar bunga, buah-buahan, jagung, wortel, dan serangga.

3. Jardine
0 Komentar