Meski Punya Banyak Manfaat, Bunga Melati Bisa Mengundang Ular Berdatangan. Masih Mau Pelihara?

Meski Punya Banyak Manfaat, Bunga Melati Bisa Mengundang Ular Berdatangan. Masih Mau Pelihara?
Meski Punya Banyak Manfaat, Bunga Melati Bisa Mengundang Ular Berdatangan. Masih Mau Pelihara? (kolase/ist)
0 Komentar

Manfaat Bunga Melati untuk Kesehatan

Teh aromatik yang terbuat dari bunga melati sudah populer selama dinasti Ming di Cina. Minuman sehat tersebut kemudian diperkenalkan ke banyak negara dan di dunia dan sekarang sudah menjadi bagian dari pengobatan tradisional.

Berkat adanya antioksidan yang kuat, seperti katekin dan epikatekin, bunga melati tidak hanya bisa menenangkan pikiran, tapi juga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Berikut manfaat bunga melati untuk kesehatan:

1. Membantu Mengelola Diabetes

Sifat hipoglikemik bunga melati memainkan peran penting dalam mengurangi kadar gula darah tubuh. Berkat adanya kandungan katekin bioaktif, bunga tersebut bisa mengaktifkan insulin yang diproduksi dari sel pankreas.

Baca Juga:HATI-HATI! Ini 5 Tanaman yang Disukai Ular: Jangan Ditanam Jika Tidak Ingin CelakaTerima Calon Duta Besar dan Konsul Jenderal, Pesan Ridwan Kamil: Promosikan Potensi Unggulan Jawa Barat

Mengonsumsi teh bunga melati secara teratur juga bisa secara signifikan mengurangi pemecahan pati menjadi glukosa, yang pada gilirannya menurunkan kadar gula darah puasa dan insulin.

2. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kandungan antioksidan yang tinggi membuat bunga melati bermanfaat untuk membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.

Bunga putih, wangi dan kecil tersebut mampu mengatasi perut kembung, sakit perut, diare, dispepsia, dan sindrom iritasi usus besar.

Selain itu, bunga melati juga bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus, dan bisa menghilangkan bakteri berbahaya dan racun dari dalam tubuh.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bunga melati juga baik dikonsumsi untuk orang yang sedang ingin menurunkan berat badan lho. Kandungan EGCG, yaitu epigallocatechin dan asam galat, dalam daunnya bisa mencegah penambahan berat badan dengan mempercepat metabolisme. Kandungan tersebut juga membersihkan racun berbahaya dari tubuh dan membantu membakar kelebihan lemak lebih cepat.

4. Baik untuk Kesehatan Jantung

Manfaat bunga melati untuk kesehatan jantung juga tidak terlepas dari kandungan antioksidannya. Bunga yang dijuluki ‘Ratu bunga’ karena wanginya yang memikat ini, bisa meningkatkan fungsi jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Kandungan sifat antikoagulan dan antifibrinolitik di dalam bunga melati juga mampu mengurangi kolesterol jahat (yaitu low density lipoprotein atau LDL).

0 Komentar