Sejarah Asal Mula Nama Bandung

Sejarah Asal Mula Nama Bandung
Sejarah Asal Mula Nama Bandung/istimewa.net
0 Komentar

Menurut legenda, Bandung berasal dari kata “Bendungan Gede” yang artinya adalah sebuah bendungan yang besar. Konon, dahulu kala di wilayah Bandung terdapat  sebuah bendungan besar yang dibangun oleh seorang raja.

Selain itu, ada juga yang mengatakan bahwa nama Bandung berasal dari kata “Bandung” yang dalam bahasa Sunda berarti “tungku”. Hal ini dikarenakan dahulu Bandung terkenal sebagai daerah penghasil besi yang terkenal di wilayah Jawa Barat .

Namun, hingga kini asal usul nama Bandung masih menjadi misteri yang belum dapat dipecahkan dengan pasti.

Baca Juga:Sejarah Gedung Sate BandungSejarah Singkat Kota Bandung

Beberapa Teori Mengenai Asal Usul Nama Bandung

Bandung adalah ibu kota provinsi Jawa Barat, Indonesia. Nama kota ini telah lama menjadi topik menarik dan diskusi di kalangan sejarawan dan cendekiawan, dan ada beberapa teori tentang asal-usulnya.

Salah satu teori menyatakan bahwa nama “Bandung” berasal dari gabungan dua kata dalam bahasa Sunda, bahasa daerah Jawa Barat. Kata pertama adalah “benda” yang berarti “benda” atau “barang”, dan kata kedua adalah “ang” yang berarti “lebar” atau “luas”.

Bersama-sama, kata “benda” dan “ang” diyakini merujuk pada lapangan terbuka luas yang membentang di sepanjang bagian utara kota. Teori lain menyatakan bahwa nama kota ini terkait dengan sejenis tanaman bambu lokal yang disebut “bondet”. .

Tumbuhan ini tumbuh subur di daerah tersebut, dan konon nama “Bandung” berasal dari kata bahasa Sunda untuk “rebung”, yaitu “ambong”. Namun, teori lain menyatakan bahwa nama “Bandung” berasal dari Ungkapan Jawa kuno “benda asung”, yang berarti “rakit barang”.

Teori ini mengacu pada perdagangan kuno yang terjadi di sepanjang Sungai Cikapundung, yang mengalir melalui kota.

Terlepas dari asalnya, nama Bandung telah identik dengan warisan budaya kota yang kaya dan sejarah yang dinamis.

Hari ini, pengunjung ke Bandung dapat menjelajahi banyak tempat bersejarah dan museum kota untuk mempelajari lebih lanjut tentang masa lalunya yang menarik.

Baca Juga:Sekilas Sejarah Tragedi Bandung Lautan ApiSejarah Goa Belanda Di Bandung

Akhir Kata
Akhir kata, sejarah asal mula nama Kota Bandung memang masih menjadi perdebatan hingga saat ini. Beberapa pendapat mengenai asal usul nama tersebut antara lain berasal dari bahasa Sunda yang berarti ‘ketinggian’, berasal dari nama

0 Komentar