Sejarah Asal Mula Nama Bandung

Sejarah Asal Mula Nama Bandung
Sejarah Asal Mula Nama Bandung/istimewa.net
0 Komentar

sumedangekspres – Sejarah Nama Bandung ,Sejarah awal Kota Bandung bermula pada abad ke-19, saat Belanda masih menguasai Indonesia.

Wilayah Bandung pada saat itu masih berupa hutan belantara yang dihuni oleh suku Sunda.

Pada tahun 1810, Belanda mulai membangun infrastruktur seperti jalan dan rel kereta api untuk mempermudah pengangkutan hasil bumi.

Baca Juga:Sejarah Gedung Sate BandungSejarah Singkat Kota Bandung

Hal ini membuka peluang bagi orang-orang dari luar Bandung untuk datang dan menetap di kota ini.

Pada awalnya, Bandung hanya merupakan sebuah kampung kecil yang bernama Kampung Bandung. Namun, seiring perkembangan jaman, kampung ini berkembang menjadi sebuah kota yang modern dan maju.

Setelah kemerdekaan Indonesia, Bandung menjadi pusat industri dan perdagangan di Jawa Barat.

Saat ini, Kota Bandung sebagai ibu kota Provinsi Jawa Barat , terus melebarkan sayapnya dengan pembangunan infrastruktur dan pariwisata yang semakin maju.

Asal Usul Kota Bandung

Kota Bandung merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang terkenal dengan julukan “Kota Kembang” dan “Paris van Java”. Tapi pernahkah Kamu penasaran bagaimana asal usul nama Bandung? Ada beberapa versi dan teori mengenai asal usul nama kota ini .

Menurut cerita rakyat, kata “Bandung” berasal dari kata “bendung” yang artinya adalah bendungan. Konon, saat itu daerah Bandung seringkali dilKamu banjir karena letaknya yang berada di dataran rendah.

Oleh karena itu, dibuatlah sebuah bendungan untuk menahan air hujan agar tidak banjir. Selain itu, ada juga teori mengenai asal usul nama Bandung yang berasal dari bahasa Sunda , yaitu “bandung” yang artinya “tungku” atau “tempat memasak”.

Baca Juga:Sekilas Sejarah Tragedi Bandung Lautan ApiSejarah Goa Belanda Di Bandung

Hal ini mengacu pada adanya aktivitas pembuatan keramik dan gerabah di daerah Bandung pada masa lalu. Meskipun ada beberapa teori mengenai asal usul nama Bandung namun hingga saat ini , tidak ada yang pasti mengenai asal-usul nama kota ini.

Bandung adalah ibukota Provinsi Jawa Barat yang memiliki sejarah yang cukup panjang . Namun, ada satu hal yang menjadi misteri bagi banyak orang, yaitu asal usul nama Bandung. Ada beberapa pendapat mengenai asal usul nama tersebut.

0 Komentar