Dorong Kesejahteraan Masyarakat Desa melalui Teknologi IoT, Pemdaprov Jabar Buka Sayembara Desa Digital 2023

Dorong Kesejahteraan Masyarakat Desa melalui Teknologi IoT, Pemdaprov Jabar Buka Sayembara Desa Digital 2023
Dorong Kesejahteraan Masyarakat Desa melalui Teknologi IoT, Pemdaprov Jabar Buka Sayembara Desa Digital 2023
0 Komentar

sumedangekspres –  Dorong Kesejahteraan Masyarakat Desa melalui Teknologi IoT. Dalam upaya mendorong kesejahteraan masyarakat desa di Jawa Barat, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat (Pemdaprov Jabar) membuka kembali pendaftaran program Sayembara Desa Digital 2023.

Sayembara Desa Digital 2023 dibuka langsung secara simbolis oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmaja dalam acara Kick-Off Sayembara Desa Digital 2023 yang digelar secara hybrid di Jabar Command Center (JCC), Selasa (23/05/2023).

Sayembara Desa Digital 2023 digelar untuk memperluas kebermanfaatan program Desa Digital dalam mendorong kesejahteraan masyarakat desa melalui teknologi internet of things IoT”, ungkap Setiawan dalam sambutannya.

Baca Juga:Cara Menstabilkan Video Menggunakan CapCutPengusaha Bangkrut Harga Telur Semrawut Setiap Hari Naik Rp 1000

Dorong Kesejahteraan Masyarakat Desa melalui Teknologi IoT. Saat ini, sudah sebanyak 2.248 desa menjadi penerima manfaat Desa Digital (Level 1–4). Pada level 4, penjaringan penerima manfaat untuk Desa Digital Tematik dilakukan melalui sayembara. Sistem sayembara dipilih agar proses penjaringan penerima manfaat program ini dapat dilaksanakan dengan transparan dan akuntabel.

“Melalui sayembara, setiap desa di Jawa Barat memiliki kesempatan yang sama untuk optimalkan potensi desanya melalui teknologi. Sehingga, proses penjaringan penerima manfaat akan berjalan dengan transparan dan akuntabel”, tambah Setiawan.

Menurutnya seperti yang sering disampaikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, ketersediaan infrastruktur adalah aspek yang paling mendasar dalam mengakselerasi digital di desa.

Namun lebih jauh dari itu, melalui Desa Digital, Pemdaprov Jabar ingin mendorong secara langsung kesejahteraan masyarakat melalui optimalisasi komoditas utama di Jawa Barat seperti pertanian.

Pada kesempatan yang sama Kepala Diskominfo Provinsi Jawa Barat Ika Mardiah mengatakan Sayembara Desa Digital 2023 ditujukan untuk desa yang memiliki potensi di bidang pertanian (hortikultura) dan perikanan.

“Setiap desa yang terpilih akan mendapatkan pendampingan dan bantuan alat smart farming dan smart feeder dalam periode tertentu. Pendaftaran sayembara dapat dilakukan oleh Perangkat Desa atau masyarakat umum” ungkap Ika.

0 Komentar