Inilah Hari – Hari Baik Potong Kuku Menurut Agama Islam

hari baik potong kuku
Sumber: iStock
0 Komentar

sumedangekspres – Tau gak hari baik potong kuku menurut Agama Islam? Ternyata, ada loh hari tertentu yang ‘dilarang’ untuk memotong kuku. Yuk, simak sampai habis!

Islam dikenal sebagai agama yang mengatur segala gelombang kehidupan. Termasuk hal-hal kecil, seperti menjaga kebersihan diri. Bahkan, ketika hendak memotong kuku ada sunah yang harus diperhatikan bagi umat muslim.

Ada hadis yang menyebut bahwa memotong kuku sebagai fitrah manusia.

“Fitrah itu ada lima: Berkhitan, mencukur bulu kemaluan, mencukur kumis, memotong kuku, dan mencabut bulu ketiak.” (H.R. Muslim)

Baca Juga:Bacaan Doa Qunut Lengkap: Arab, Latin, dan TerjemahanKamu Punya Jilbab Warna Cream yang Nganggur? Sini deh Intip OOTD-nya yang Kekinian

Maka dari hadis tersebut kita bisa menilai, aktivitas memotong kuku jika diniatkan sebagai ibadah, akan berbuah kebaikan. Hal ini cukup masuk akal, karena tangan banyak menyentuh sesuatu. Alhasil, area kuku menyimpan banyak kotoran yang bisa membawa penyakit.

Namun, apakah kamu tau jika dalam Islam ada hari baik untuk potong kuku?

Menurut Imam Ibnu Qosim al-Ghazi, dalam kitabnya Hasyiyah al-Bajuri mengatatakan bahwa memotong kuku disunahkan dilakukan pada hari Jumat. Jika ada hari yang dianjurkan, tentunya akan ada hari yang  disarankan tidak boleh memotong kuku.

Hari yang Baik dan Tidak Baik untuk Potong Kuku menurut Islam

1. Hari Senin
Dalam kitabnya Hasyiyah al-Bajuri, memotong kuku hari Senin disebut mempunyai keutamaan.

2. Hari Selasa
Sementara memotong kuku pada Hari Selasa bisa mendatangkan kerusakan dan kebinasaan.

3. Hari Rabu
Masih menurut Hasyiyah al-Bajuri, memotong kuku pada Hari Rabu dapat menyebabkan buruknya akhlak dalam diri.

Baca Juga:Perpaduan Warna Merah Maroon untuk Wanita Hijab dan Non HijabSnapTik: Tempat Unduh Video TikTok Tanpa Watermark

4. Hari Kamis
Hari yang bagus untuk potong kuku adalah Kamis. Memotong kuku pada hari Kamis disebut bisa mengundang kekayaan.

5. Hari Jumat
Hari Jumat disebut sebagai hari baik memotong kuku. Pasalnya, memotong hari kuku pada Jumat bisa menambah ilmu dan sifat santun.

6. Hari Sabtu
Kemudian, memotong kuku hari Sabtu bisa mendatangkan penyakit di dalam tubuh.

7. Hari Minggu
Sementara itu, hari baik potong kuku pada Minggu dapat menghilangkan barokah.

Dalam penjelasan lain menyebutkan, tidak ada kemutlakan soal hari potong kuku. Dan tidak ada batasan hari bagus potong kuku tertentu.

0 Komentar