Belanja Murah Dengan Uang 10 Ribu Per Hari, Bisa Belanja Menu Makanan Enak!

Belanja murah uang 10 ribu
Belanja murah uang 10 ribu(leftovercurrency.com)
0 Komentar

sumedangekspres– Belanja murah uang 10 ribu, meskipun hidup hemat dan sederhana seharusnya dipraktikkan oleh siapapun dan dalam keadaan apapun. Bukan saat krisis saja.
Di tengah ketidakpastian ekonomi dunia dan badai PHK yang melanda karyawan, banyak orang, mungkin termasuk kamu harus mengencangkan ikat pinggang. Berhemat dengan uang seadanya.

Nah, jika kamu hanya diberikan uang belanja 10 ribu per hari, berikut Cermati.com berikan tips mengelolanya. Tenang! Dengan uang 10 ribu kamu bisa makan tiga kali sehari bahkan bisa untuk dua atau tiga orang sekaligus.

1. Buat Daftar Menu Makanan

Pastikan kamu membuat daftar menu makanan yang akan dimasak setiap hari selama seminggu. Hal ini untuk mencegah kebingungan ketika sampai di pasar atau tukang sayur.

Baca Juga:Tujuan dan Manfaat Dari Inklusi Keuangan Adalah4 Rekomendasi Wisata Terbaik Ciletuh Sukabumi, Harga Tiket Mulai 2k?

Biasanya emak-emak sering bingung mau masak apa untuk hari itu, sehingga akhirnya membeli sayur mayur yang saat itu terlintas di benak. Kalau belanja tanpa direncanakan sebelumnya atau bersifat dadakan, potensi membeli bahan-bahan yang tidak diperlukan akan semakin besar.

Jadi buat daftar menu makanan sederhana setiap hari, contohnya:

Senin: Tumis kangkung dan tempe goreng.
Selasa: Sayur sop tetelan dan tahu goreng.
Rabu: Sayur asam dan ayam goreng.
Kamis: Tumis oncom tauge dan bakwan jagung.
Jumat: Sayur bayam jagung, jamur krispi, dan sambal terasi.
Sabtu: Sayur bening tauge sawi dan ikan kembung pedas.
Minggu: Soto ceker ayam dan perkedel kentang.
Dengan membuat daftar menu setiap hari, kamu akan fokus membeli bahan-bahan pangan untuk makanan di atas. Contoh menu di atas dapat dimasak dengan harga Rp20 ribu atau kurang dari itu.

2. Pilih Lauk Pauk Sederhana, tapi Bergizi

Makan tidak perlu bermewah-mewahan. Apalagi dengan uang belanja pas-pasan. Asal ada sayur dan lauk, sebetulnya sudah cukup untuk memenuhi gizi kamu. Pilih lauk yang sederhana saja. Makan tahu dan tempe setiap hari toh tidak akan membuatmu mati kan?

Coba kita hitung harga menu makanan di atas. Ini berdasarkan pengalaman penulis ketika memasak di rumah dan membeli bahan pangan di pasar maupun tukang sayur.

0 Komentar