Legenda Gunung Parang Purwakarta

Legenda Gunung Parang Purwakarta
Legenda Gunung Parang Purwakarta
0 Komentar

sumedangekspres – Legenda Gunung Parang Purwakarta sebuah gunung di Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Gunung ini dikenal sebagai salah satu tujuan wisata yang terkenal secara internasional dengan mendaki gunung dengan tangga besi, dan saat ini hotel yang tergantung di gunung menjadi populer.

Namun siapa sangka gunung berbatu dengan ketinggian 984 mdpl ini memiliki sejarah yang melegenda pada masa Kerajaan Pajajaran.

Baca Juga:Sejarah Kampung Tajur PurwakartaSejarah Plered Purwakarta Awal Berdiri Hingga Sekarang

Namun, banyak yang tidak mengetahui bahwa gunung ini sudah digunakan pada saat itu.

Gunung Parang awalnya bernama Gunung Barang Panzer Tunggal karena menurut cerita masyarakat setempat, gunung tersebut merupakan tempat pembuatan senjata pusaka Prabu Siliwang. Selain itu, ada yang punya cerita yaitu Raden Surya Kencana yang tidak lain adalah cucu dari Prabu Siliwang.

Seiring berjalannya waktu, Gunung Barang atau yang lebih dikenal dengan Gunung Parang menjadi tujuan wisata sejak tahun 2011.

Legenda Gunung Parang Purwakarta Selain itu, di Gunung Parang juga terdapat Gua Belanda yang juga memiliki sejarah. Berdasarkan masyarakat kuno, ada berbagai cerita tentang gua tersebut.

Ada yang mengatakan itu digunakan oleh rel kereta api untuk bersembunyi untuk menyelamatkan harta benda yang dicuri orang di zaman Belanda dulu. Menurut mitos populer, Intan dijaga oleh seekor harimau. Jika pengunjung terlalu lelah untuk mendaki ke kaki Gunung Parang, ada juga pemandangan yang bisa dinikmati.

Pengunjung dapat menjelajahi gua. Penduduk sekitar menyebut gua ini Gua Jepang.

Legenda Gunung Parang Purwakarta Secara budaya, masyarakat di sekitar Gunung Parang dipengaruhi oleh budaya Sunda yang sesuai dengan masa perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, dan masyarakat di sekitar Gunung Parang banyak dipengaruhi oleh budaya asing. Ternyata gunung yang berada di Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta ini memiliki mitos yang melegenda.

Baca Juga:Sejarah Sri Baduga PurwakartaSejarah Kota Purwakarta Sampai Sekarang

Orang Karawang mengenal gunung itu sebagai Warenberg. Jika dilihat dari cerita legendanya, banyak orang yang datang ke gunung ini untuk meminta kekayaan yang banyak dengan cara gaib, yaitu. Pesugih

0 Komentar