Provinsi Di Indonesia Yang Terkenal Sebagai Provinsi Penghasil Timah Terbesar, Apakah Provinsi Kamu Termasuk Kedalam Daftar Ini?

Provinsi Penghasil Timah Terbesar
Provinsi Penghasil Timah Terbesar (Freepik.com)
0 Komentar

sumedangekspres – Berikut Provinsi Di Indonesia Yang Terkenal Sebagai Provinsi Penghasil Timah Terbesar, Apakah Provinsi Kamu Termasuk Kedalam Daftar Ini?

Indonesia, negara kepulauan yang terletak di tengah tengah Samudra Pasifik dan Samudra Hindia, menyimpan kekayaan alam yang luar biasa. Dari ujung barat hingga timur, Indonesia menawarkan keindahan alam yang beragam dan menakjubkan.

Tahukah kamu bahwa produk timah meliputi makanan, aluminium foil, kertas, kemasan makanan, makanan, berbagai onderdil mobil, komputer, pipa, kacamata, gigi palsu, serta kasa pintu dan jendela?

Baca Juga:Sedang Perjalanan Jauh Melewati Daerah Bogor? Yuk Istirahat Di Hotel Bogor, Persyaratan Tidak Ribet Juga Murah Lho!Pembahasan Lengkap Tentang Interior Mobil Toyota Fortuner 4×4, Cocok Untuk Referensi Beli Mobil Idaman

Timah adalah salah satu unsur kimia pada tabel periodik, dilambangkan dengan Sn dan nomor atom 50. Timah biasa digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari sebagai kombinasi atau paduan logam lain karena timah merupakan bahan kimia yang tahan karat.

Indonesia merupakan produsen timah terbesar kedua di dunia dan produksi tambang timah di Indonesia mencapai 71.000 ton pada tahun 2021 lalu.

Dibandingkan tahun sebelumnya, produksi timah Indonesia hanya 53.000 ton atau meningkat 33,9 persen. Dari cadangan timah Indonesia yang diketahui, jumlahnya mencapai 800.000 ton.

Jadi di mana di Indonesia ada tambang timah? Saat kita berwisata ke Pangkalpinang dengan pesawat, kita bisa melihat dataran putih di berbagai belahan Pulau Bangka yang merupakan tambang timah atau bekas tambang timah.

Pulau Bangka Belitung merupakan penghasil timah terbesar di Indonesia. Pulau Bangka disebut sebagai sabuk timah Asia Tenggara, terbentang dari daratan Thailand, Malaysia, Kepulauan Riau hingga Kepulauan Bangka dan Belitung.

Sejarah panjang penambangan timah di Indonesia sudah berlangsung lebih dari 200 tahun. PT menambang timah di pulau Bangka dan Belitung. PT melanjutkan Kobatino yang mulai beroperasi pada tahun 1973. Timah (Persero) Tbk.

Di sisi lain, penambangan timah di Pulau Bangka juga menimbulkan kerusakan lingkungan melalui pembentukan genangan, tailing, dan tailing yang sangat besar.

0 Komentar