Makna Mendalam Lirik Sluku Sluku Bathok oleh Ning Umi Laila

sluku sluku bathok ning umi laila
Ning Umi Laila/Instagram
0 Komentar

sumedangekspres – Makna lirik Sluku Sluku Bathok oleh Ning Umi Laila.

Nah lagu Sluku Sluku Bathok yang dibawakan Ning Umi Laila ini diciptakan oleh salah seorang Wali Songo, yaitu Sunan Kalijaga.

Liriknya berkaitan erat dengan unsur religi. Dan dijadikan salah satu metode Sunan Kalijaga untuk menyebarluaskan ajaran agama Islam melalui seni. Tujuannya agar mudah diterima oleh masyarakat Jawa saat itu.

Meski sudah lama berlalu, Sluku Sluku Bathok masih jadi salah satu lagu berbahasa Jawa yang cukup populer.

Makna Lirik Sluku Sluku Bathok

Baca Juga:Ning Umi Laila Sudah Menikah atau Belum Sih? Yuk Kepoin Selengkapnya Disini!OOTD Hijab dan Non-Hijab ke Karnaval SCTV di Sumedang yang Trendy dan Nyaman

Setiap lirik dari lagu dolanan ini memiliki makna dan nilai religius yang sangat dalam untuk dijadikan pembelajaran hidup.

Lirik sluku-sluku bathok membawa pesan tersirat tentang hidup. Sunan Kalijaga berpesan agar manusia tidak hanya menghabiskan waktu untuk bekerja. Manusia juga perlu mengistirahatkan bathok (kepala) agar di hari esoknya bisa kembali dengan segar dan bugar untuk bekerja lagi.

Adapun lirik Bathoke ela elo membawa makna tentang dzikir. Lirik ela elo dimaknai lafal dzikir ‘Laa Ilaaha Ilallah’. Sunan Kalijaga berpesan agar manusia tidak lupa berzikir kepada Allah SWT. Tujuannya supaya berikan ketenangan dan kemudahan dalam menjalani kehidupan di dunia.

Lirik Si Romo menyang Solo (Si Bapak pergi ke Solo) memiliki makna yang lebih dalam. Lirik ini mengandung 3 makna, yaitu:

siram = dimaknai mandi atau bersuci
menyang = berarti menuju
Solo = dimaknai dengan salat
Dengan demikian lirik Si Romo menyang Solo membawa pesan agar manusia bersuci atau mandi ketika hendak melaksanakan salat.

Oleh-olehe payung mutha bermakna balasan dari dzikir ela elo, yaitu akan menerima payung atau perlindungan dari Allah SWT ketika melaksanakan sholat dan berdzikir.

Lirik Mak jenthit lolo lobah membawa pesan agar manusia ingat bahwa kematian bisa datang tiba-tiba, tanpa rencana. Oleh sebab itu, Sunan Kalijaga memberikan pesan tersirat agar manusia selalu berusaha mendekatkan diri pada Allah SWT dengan melaksanakan shalat dan dzikir.

0 Komentar